Kompas TV internasional kompas dunia

Idulfitri di Khartoum Sudan Penuh Letusan Senjata Berat, Pemimpin Militer Janjikan Pemerintah Sipil

Kompas.tv - 21 April 2023, 20:51 WIB
idulfitri-di-khartoum-sudan-penuh-letusan-senjata-berat-pemimpin-militer-janjikan-pemerintah-sipil
Jenderal tertinggi Sudan Abdel Fattah Burhan, Jumat (21/4/2023), menyatakan komitmen militer untuk pemerintahan yang dipimpin sipil, dalam upaya nyata untuk mendapatkan dukungan internasional beberapa hari setelah pertempuran brutal antara pasukannya dengan kelompok paramiliter (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KHARTOUM, KOMPAS.TV - Jenderal tertinggi Sudan Abdel Fattah Burhan, Jumat (21/4/2023), menyatakan komitmen militer untuk pemerintahan yang dipimpin sipil, dalam upaya nyata untuk mendapatkan dukungan internasional beberapa hari setelah pertempuran brutal antara pasukannya dengan kelompok paramiliter yang menggagalkan harapan untuk transisi demokrasi di negara itu.

Dalam pidato pertama sejak konflik melanda Sudan hampir seminggu yang lalu, Kepala Angkatan Darat Jenderal Abdel Fattah Burhan berjanji militer akan menang dan memastikan "transisi yang aman menuju pemerintahan sipil".

Namun bagi banyak warga Sudan, klaim Burhan terdengar hampa 18 bulan setelah ia bergabung dengan saingannya saat ini untuk merebut kekuasaan dalam kudeta yang mengesampingkan kekuatan pro-demokrasi Sudan.

Pernyataan Burhan muncul pada perayaan Idulfitri yang menandai akhir Ramadan dan bulan puasa.

"Kami yakin akan mengatasi kesulitan ini dengan pelatihan, kebijaksanaan, dan kekuatan kami," kata Burhan, berjanji untuk menjaga "keamanan dan persatuan negara."

Liburan ini, biasanya dipenuhi dengan doa, perayaan, dan makan-makan, menjadi hari yang suram di Sudan, ketika tembakan menggema di seluruh ibu kota Khartoum dan asap tebal membubung di langit.

"Alih-alih bangun oleh suara azan, warga di Khartoum bangun dengan suara senjata berat dari pertempuran," kata Duta Besar Norwegia untuk Sudan, Endre Stiansen. "Apakah ada neraka yang lebih mengerikan dari ini?"

Masjid mengadakan salat Id massal di dalam masjid untuk melindungi jemaah dari pertempuran yang semakin sengit.

Baca Juga: Sudan Semakin Membara, Sekjen PBB Minta Gencatan Senjata Tiga Hari untuk Peringati Idulfitri

Jenderal tertinggi Sudan Abdel Fattah Burhan, Jumat (21/4/2023), menyatakan komitmen militer untuk pemerintahan yang dipimpin sipil, dalam upaya nyata untuk mendapatkan dukungan internasional beberapa hari setelah pertempuran brutal antara pasukannya dengan kelompok paramiliter. (Sumber: Mwanzo TV)

Kekerasan dan pertempuran telah menewaskan 413 orang dan melukai 3.551 orang lainnya, menurut jumlah korban terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia WHO, termasuk sedikitnya 9 anak yang tewas dan 50 terluka dalam pertempuran, kata UNICEF.

Dallia Abdelmoniem, seorang tukang roti berusia 37 tahun dari Khartoum, melarikan diri dengan keluarganya pada Kamis setelah roket membelah atap rumahnya. Jalan ke pinggiran kota dipenuhi dengan mayat. Abdelmoniem menutup mata keponakan-keponakannya.

"Tidak ada tempat yang aman lagi di Khartoum," katanya dari tempat persembunyiannya di luar ibu kota, di mana dia masih bisa mendengar raungan artileri dan tembakan pada Jumat. "Prioritas utama kami adalah hanya untuk tetap hidup."

Ledakan-ledakan yang mengguncang Khartoum menyusul seruan internasional untuk gencatan senjata menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri umat muslim.

Setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Menlu Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mendesak penghentian kekerasan, dan dilaporkan Pasukan Dukungan Cepat, paramiliter Sudan, berjanji menghentikan pertempuran selama tiga hari menjelang Idul Fitri untuk memberikan kesempatan evakuasi dan koridor aman. Namun, tidak ada respons dari militer yang dipimpin oleh Burhan.

Usulan gencatan senjata semacam itu telah runtuh berulang kali dalam seminggu terakhir.

Dua jenderal yang bersaing untuk menguasai negara Afrika yang luas ini juga bersaing untuk diterima oleh kekuatan asing, yang menyatakan dukungan mereka kepada warga Sudan yang menginginkan transisi ke pemerintahan sipil.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Konflik di Sudan jadi Masalah Baru yang Bisa Bikin Pening Dunia

Foto satelit yang disediakan Maxar Technologies memperlihatkan dua pesawat terbakar di Bandara Internasional Khartoum, Sudan, Minggu, 16 April 2023. Militer Sudan dan sebuah kelompok paramiliter terlibat pertempuran memperebutkan kendali atas negara itu di hari kedua. (Sumber: Satellite image ©2023 Maxar Technologies via AP)


Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x