Kompas TV video vod

Mahfud MD Akui Praktik Korupsi Makin Menjadi-jadi, Singgung Transaksi di DPR dan MA

Kompas.tv - 11 Juni 2023, 19:12 WIB
Penulis : Ikbal Maulana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemananan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan korupsi di Indonesia semakin menjadi-jadi melampaui era orde baru.

Hal tersebut disampaikan Mahfud saat hadiri acara di kawasan Sarinah, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Minggu (11/6/2023) pagi.

“Kita lihat di awal orde baru indeks persepsi korupsi kita itu 20 masih rendah sekali, tapi setelah reformasi naik sampai akhirnya di tahun 2021 itu mencapai 38, rata-rata naik 1 lah, kalau turun sedikit ya turun satu, naik lagi, tetapi di tahun 2022 indeks persepsi korupsi kita terjun dari 38 ke 34, itu membuat kita kaget, korupsinya semakin menjadi-jadi berarti,” ujar Mahfud.  

Menurutnya, dari hasil menggandeng beberapa lembaga internasional untuk membedah tingkat korupsi di Indonesia ditemukan bahwa terjadi praktik conflict of interest di dalam jabatan politik.

“Kesimpulannya itu memang terjadi konflik of Interest di dalam jabatan-jabatan politik,” ujarnya.

Mahfud bahkan sempat menyinggung adanya transaksi di balik meja yang terjadi DPR hingga Mahkamah Agung untuk melancarkan suatu perkara.

“Di DPR terjadi transaksi-transaksi di balik meja, mahkamah agung, pengadilan bisa membeli perkara,” ungkapnya.

Baca Juga: Mahfud MD: Putusan MK Soal Masa Jabatan Pimpinan KPK Inkonsisten, Alasannya...

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x