Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Capai 71 Ribu Pengunjung, Museum Ranggawarsita Lampaui Target

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 12:38 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sub Koordinator Pelayanan Permuseuman Museum Ranggawarsita, Antoni Heri Nugroho mengatakan, angka kunjungan Museum Ranggawarsita hingga akhir September 2023 lalu mencapai lebih dari 71.000. Jumlah itu melampaui target 2023 yakni sekitar 50.000 pengunjung.

 “Sampai dengan bulan September akhir ini dan Oktober awal ini sekitar 71.000. Secara detail belum kami rekap kembali dan ini menjadi sesuatu yang luar biasa karena target kita tahun 2023 itu hanya 50.000,” ungkap Antoni.

Pengunjung Museum Ranggawarsita didominasi oleh pelajar dan mahasiswa. Sejumlah strategi untuk terus meningkatkan angka kunjungan di museum pun dilakukan oleh pihak museum, seperti branding hingga manajemen yang baik.

Selain memiliki berbagai koleksi benda bersejarah, kini museum milik Pemprov Jateng ini juga mulai menggunakan sentuhan teknologi, seperti bioskop tiga dimensi. Pihaknya juga menggandeng berbagai pihak untuk terus meningkatkan angka kunjungan di museum ini. Dalam rangka memikat pengunjung sejumlah renovasi juga akan dilakukan di bulan ini.

Salah seorang guru SD yang menemani sejumlah siswanya saat berkunjung ke Museum Ranggawarsita, Herlinda Widyastuti, mengaku mendapat pengetahuan baru setelah berkunjung ke museum. Hal ini disebabkan karena ada beberapa arca yang baru dikenalnya karena tidak masuk dalam kurikulum yang selama ini dipelajarinya. Selain itu, dia sempat melihat mainan jaranan yang berbeda dengan jaranan pada umumnya. 

“Ada beberapa arca dan ada beberapa batu yang saya baru tahu di museum ini. Jadi dari yang mungkin buku pelajaran ada yang tidak dimasukan dan saya tahu informasi itu dari ketika saya datang ke museum ini. Jadi menambah wawasan saya,” pungkas Herlinda,

Menurut Herlinda, museum ini sudah cukup bagus, hanya tinggal melengkapi saja. Pengunjung tidak perlu khawatir harga tiket masuk ke museum tidak mahal, untuk anak-anak hanya dikenai tiket masuk seharga Rp 4.000 dan dewasa Rp 6.000.

#museumranggawarsita #bendabersejarah #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x