Kompas TV lifestyle kesehatan

4 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari agar Tak Sebabkan Haus saat Berpuasa

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 02:05 WIB
4-jenis-makanan-yang-sebaiknya-dihindari-agar-tak-sebabkan-haus-saat-berpuasa
Ilustrasi. Jenis makanan yang dapat menyebabkan haus saat berpuasa. (Sumber: freestockcenter on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Ramadan adalah bulan yang suci dan penuh dengan berbagai tantangan, terutama dalam menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa.

Tantangan selama bulan Ramadan termasuk menghindari rasa haus yang berlebihan, sering kali dipicu oleh jenis makanan yang dikonsumsi selama sahur atau berbuka puasa.

Sangat penting untuk menyadari bahwa ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan rasa haus selama puasa. Maka, kita harus bijak memilih makanan yang dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Berikut adalah beberapa jenis makanan penyebab haus saat berpuasa yang sebaiknya dihindari, seperti yang dikutip dari Kontan.co.id. 

1. Makanan yang Tinggi Kandungan Garam

Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan garam dapat memicu rasa haus yang cepat.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa kelebihan garam dalam tubuh dapat mengganggu keseimbangan cairan, yang kemudian menyebabkan sel-sel tubuh kehilangan hidrasi.

Selain itu, kelebihan garam dalam tubuh dapat meningkatkan beban kerja sel dalam menjaga keseimbangan hidrasi, sehingga meningkatkan kebutuhan akan konsumsi air.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Minum Kopi saat Berbuka Puasa dan Sahur, Serta Waktu Terbaik Konsumsi kala Ramadan

2. Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan beberapa jenis minuman bersoda, sebaiknya dihindari, karena kafein merupakan zat diuretik yang merangsang produksi urine lebih banyak oleh tubuh.

Konsumsi makanan atau minuman berkafein saat sahur dapat mempercepat proses dehidrasi serta meningkatkan rasa haus selama berpuasa.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi atau menghindari konsumsi produk-produk yang mengandung kafein selama bulan Ramadan agar menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Makanan Berminyak



Sumber : Kontan.co.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x