Kompas TV internasional kompas dunia

Taiwan Luncurkan Kapal Selam Tempur Pertama Buatan Dalam Negeri, China: Mimpi Siang Bolong

Kompas.tv - 28 September 2023, 23:50 WIB
taiwan-luncurkan-kapal-selam-tempur-pertama-buatan-dalam-negeri-china-mimpi-siang-bolong
Taiwan hari Kamis, (28/9/2023) meluncurkan kapal selam pertama buatan dalam negeri dinamakan Hai Kun, punya panjang 80 meter dan berat 2.500 - 3.000 ton, serta sistem pertahanan dan torpedo yang diperoleh dari perusahaan pertahanan AS, Lockheed Martin. (Sumber: Taiwan Presidential Office)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

KAOHSIUNG, KOMPAS.TV - Taiwan hari Kamis, (28/9/2023) meluncurkan kapal selam pertama buatan dalam negeri, saat pulau yang kalah jauh dalam hal kekuatan militer itu,  berusaha memperkuat pertahanannya terhadap China.

China, yang menganggap Taiwan yang otonom sebagai wilayahnya yang harus disatukan kembali, beberapa tahun terakhir secara teratur melakukan latihan militer di sekitar pulau tersebut untuk menegaskan klaim kedaulatannya dan memberikan tekanan kepada Taipei. Taiwan menolak klaim kedaulatan China, seperti yang dilaporkan Associated Press, Kamis, (28/9/2023).

Taiwan meningkatkan anggaran pertahanannya, mengalokasikan rekor 19 miliar Dollar AS tahun 2024 untuk memperoleh peralatan militer, terutama dari sekutu utamanya, Amerika Serikat, tetapi upayanya untuk mendapatkan kapal selam menghadapi jalan buntu.

"Global Times," surat kabar yang dikelola oleh pemerintah China, pada hari Senin menerbitkan sebuah opini mengenai rencana penempatan kapal selam Taiwan yang bertujuan untuk menghadang PLA, yang menyatakan bahwa rencana tersebut adalah "mimpi siang bolong."

Presiden Tsai Ing-wen, yang dibenci Beijing karena penolakannya untuk menerima otoritas China atas pulau itu, meluncurkan program kapal selam tahun 2016 dengan tujuan mengirimkan armada delapan kapal.

Prototipe pertama dinamai "Hai Kun," yang berarti "makhluk laut mitos" dalam bahasa Cina, dan diluncurkan hari Kamis dalam sebuah upacara di kota pelabuhan selatan Kaohsiung.

"Sejarah akan selamanya mengingat hari ini," kata Tsai dengan lantang, berdiri di depan kapal yang dikibarkan dengan warna bendera Taiwan.

Baca Juga: Taiwan Tuding China Kirim 103 Pesawat Tempur dalam Kurun 24 Jam

Taiwan hari Kamis, (28/9/2023) meluncurkan kapal selam pertama buatan dalam negeri dinamakan Hai Kun, punya panjang 80 meter dan berat 2.500 - 3.000 ton, serta sistem pertahanan dan torpedo yang diperoleh dari perusahaan pertahanan AS, Lockheed Martin. (Sumber: Bloomberg)

"Pada masa lalu, membangun kapal selam secara domestik dianggap 'hal yang Mustahil'. Tetapi hari ini, kapal selam yang dirancang dan dibangun oleh bangsa kita sendiri ada di depan semua orang, kita (berhasil) melakukannya," ujarnya.

Cheng Wen-lon, ketua produsen kapal selam CSBC Corp, yang mengkhususkan diri dalam kontainer pengiriman dan kapal militer, mengatakan proses pembuatan selama tujuh tahun itu membuat tim bekerja siang malam, menyebutnya "senjata ajaib dalam perang asimetris".

Hai Kun punya panjang 80 meter dan berat 2.500 - 3.000 ton, serta sistem pertahanan dan torpedo yang diperoleh dari perusahaan pertahanan AS, Lockheed Martin.



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA


Hukum

KPK Geledah Kantor Setjen DPR

30 April 2024, 15:34 WIB

Close Ads x