Kompas TV olahraga sepak bola

Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Calvin Verdonk Segera Menyusul?

Kompas.tv - 30 April 2024, 15:27 WIB
maarten-paes-resmi-jadi-wni-calvin-verdonk-segera-menyusul
Maarten Paes menjadi WNI usai melaksanakan Pengambilan Sumpah Janji Setia Pewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Selasa (30/4/2024). (Sumber: Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penjaga gawang yang bermain di klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, FC Dallas, Maarten Paes, telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Paes menjadi WNI usai melaksanakan Pengambilan Sumpah Janji Setia Pewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta R. Andika Dwi Prasetya dalam amanatnya berpesan kepada warga yang baru diambil sumpah setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar setelah menjadi WNI, harus taat dan patuh kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. 

"Saya berharap saudara memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara," kata Andika, dikutip dari laman resmi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Pengambilan sumpah WNI Paes terbilang mengejutkan karena belum ada pernyataan resmi dari PSSI.

Meskipun proses naturalisasi Paes sebenarnya telah selesai pada Maret 2024 bersamaan dengan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, namun masalah regulasi FIFA sempat menghambat proses menjadi WNI. 

Dengan status resmi sebagai WNI, PSSI berarti sudah mengurus banding mengenai status Paes di Pengadilan Arbitrase Olahraga terkait kepindahannya dari Timnas Belanda U21. 

Baca Juga: Kabar Gembira, DPR RI Setujui Beri Status WNI untuk Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Maarten Paes

Paes pun berpeluang besar untuk memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan pertandingan melawan Irak dan Filipina menjadi agenda terdekat pada Juni mendatang.

Dengan kedatangan Paes, pertahanan Timnas Indonesia tentu akan semakin kuat terutama setelah penampilannya yang menonjol bersama FC Dallas musim lalu.

Selain Maarten Paes, nama Calvin Verdonk juga disebut bakal segera merampungkan proses naturalisasi untuk menjadi WNI.

Pemain yang kini memperkuat NEC Nijmegen di Eredivisie Belanda itu dikabarkan sudah berada di Indonesia bersama kakaknya, Darryl Verdonk, Selasa.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga sebelumnya juga memberi kode melalui unggahan di Instagram.

Arya tak menjelaskan apa yang dimaksudnya, tetapi ia memberikan kode untuk siap-siap dan menyebut Ketua Umum PSSI Erick Thohir luar biasa karena mengerjakan apa pun dengan cepat.

“Siap..siap. Ehmm Ketua kita memang top,” tulis Arya, Senin (29/4/2024), dikutip dari akun Instagram pribadinya.

“Rehat hanya bisa sehari.. ayo.. apa coba yang lagi dikerjakan dengan sat..set.. haha,” tambahnya. 

Baca Juga: Segera Bela Timnas, Marteen Paes Tak Sabar Belajar Bahasa Indonesia


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x