Kompas TV regional sumatra

Aceh Targetkan Inflasi 2024 di Bawah 3.5 Persen

Kompas.tv - 30 April 2024, 15:12 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH TENGAH, KOMPAS.TV - Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah dalam pertemuan itu, mendorong tim pengendalian inflasi daerah  dan satuan gugus pangan, berkolaborasi dengan semua pihak termasuk dengan petani dan pelaku usaha sektor pertanian untuk peningkatan kapasitas pertanian dan untuk meningkatkan kapasitas pertanian dan komoditas pangan strategis, karena sektor pertanian masih menjadi penopang utama perekonomian di Aceh dengan pangsa pasar hampir 30 persen.

Menurutnya tantangan lain adalah target inflasi tahun 2024 yang semakin ketat dengan batasan maksimum inflasi menjadi hanya 3.5 persen. Walaupun angka inflasi bulanan Aceh lebih rendah dibanding inflasi nasional yang berada pada angka 0,52 persen. Namun pertumbuhan inflasi tahun ke tahun masih berada diatas angka nasional yang tercatat pada posisi 3,05 tahun.

Bank Indonesia, juga memastikan adanya kerjasama untuk pengendalian inflasi untuk menjaga tingkat inflasi disasaran 1,5 hingga 3,5 persen. Salah satunya tim pengendalian inflasi daerah dan satuan gugus pangan, memastikan produk hasil pangan sampai ke konsumen sesuai harga yang ditetapkan pemerintah, termasuk melakukan operasi pasar dan pasar murah.

Inflasi provinsi Aceh hingga kini masih berada pada target inflasi nasional di angka 2,5+1 persen. Untuk itu perekonomian Aceh tetap tumbuh kuat ditengah tantangan global saat ini.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x