Kompas TV internasional kompas dunia

Taiwan Tuding China Kirim 103 Pesawat Tempur dalam Kurun 24 Jam

Kompas.tv - 18 September 2023, 18:28 WIB
taiwan-tuding-china-kirim-103-pesawat-tempur-dalam-kurun-24-jam
Dalam foto yang dirilis kantor berita Xinhua, sebuah jet tempur China, J-15, lepas landas dari kapal pengangkut pesawat, Shandong, dalam patroli kesiapan tempur dan latihan militer yang digelar Tentara Pembebasan Rakyat China di sekitar Pulau Taiwan, 9 April 2023. (Sumber: An Ni/Xinhua via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

TAIPEI, KOMPAS.TV - Militer China dilaporkan mengirim 103 pesawat tempur ke arah Taiwan dalam kurun 24 jam. Kementerian Pertahanan Taiwan menyebut deretan penerbangan militer China pada Minggu (17/9/2023) hingga Senin (18/9) tersebut memecahkan rekor belakangan ini.

Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan, sebanyak 103 pesawat tempur China dideteksi antara Minggu (17/9) pukul 06.00 waktu setempat hingga Senin (18/9) pukul 06.00 waktu setempat. Seperti biasanya, pesawat-pesawat China segera putar balik di ambang perbatasan Taiwan.

Baca Juga: Elon Musk Bikin Taiwan Ngamuk Usai Disebut Bagian dari China, Langsung Dibalas

Militer China diketahui kerap menerbangkan pesawat tempur ke Taiwan sehari-harinya. Namun, pesawat yang diterjunkan umumnya berjumlah lebih kecil.

Di antara 103 pesawat itu, lebih dari 30 di antaranya adalah jet tempur. Taiwan juga melaporkan terdapat sembilan kapal perang China di dekat wilayahnya dalam kurun yang sama.

Otoritas Taiwan menyebut tindakan China mengirim pesawat tempur merupakan bentuk "perisakan." Taiwan menyebut aksi China dapat meningkatkan eskalasi situasi antara keduanya.

"Kami mendesak otoritas Beijing bertanggung jawab dan menghentikan aktivitas militer yang destruktif seperti itu," demikian keterangan Kementerian Pertahanan Taiwan, dikutip Associated Press.

Pemerintah China mengeklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya. Pemerintahan Xi Jinping kerap menggelar latihan militer berskala besar di sekitar Taiwan seiring memanasnya tensi antara kedua pihak.

Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan, 40 pesawat tempur China yang diterbangkan pada Minggu (17/9) dan Senin (18/9) melintasi garis tengah simbolis antara Taiwan dan China.

Akan tetapi, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning, membantah anggapan tersebut. Mao menegaskan "garis tengah" itu tidak ada karena Taiwan adalah bagian dari China.

Dilaporkan Associated Press, China pada pekan lalu mengirim armada kecil yang terdiri dari sejumlah kapal termasuk kapal pengangkut pesawat, Shandong, ke perairan dekat Taiwan.

Aksi itu dilakukan tidak lama setelah Amerika Serikat dan Kanada menerjunkan kapal perang melewati Selat Taiwan yang memisahkan pulau itu dengan China.

China dan Taiwan berpisah sejak 1949 usai perang sipil. Negara Taiwan didirikan kelompok nasionalis yang kalah perang dari komunis, kemudian mendirikan pemerintahan sendiri.

Hanya beberapa negara yang telah memberikan pengakuan diplomatik resmi kepada Taiwan.

Adapun Amerika Serikat memiliki hubungan resmi dengan China tetapi tetap mempertahankan kantor perwakilannya di Taiwan.

Baca Juga: Untuk Pertama Kali, ASEAN Sepakat Latihan Militer Bersama di Laut Natuna Utara Indonesia


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x