Kompas TV internasional kompas dunia

Misteri Kota Bawah Tanah di Kayseri Turki, Panjangnya 376 Km, Punya Pintu ke Rumah Penduduk

Kompas.tv - 14 September 2023, 08:10 WIB
misteri-kota-bawah-tanah-di-kayseri-turki-panjangnya-376-km-punya-pintu-ke-rumah-penduduk
Kota bawah tanah sepanjang 376 kilometer di provinsi Anatolia Tengah, Kayseri, terus memunculkan misteri baru seiring penelusuran arkeologi para ahli Turki. Panjang total terowongan bawah tanah setelah diukur ternyata sepanjang 376 kilometer. (Sumber: Daily Sabah)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KAYSERI, KOMPAS.TV - Kota bawah tanah sepanjang 376 kilometer di provinsi Anatolia Tengah, Kayseri, terus memunculkan misteri baru seiring penelusuran arkeologi para ahli Turki. Panjang total terowongan bawah tanah setelah diukur ternyata sepanjang 376 kilometer.

Terowongan kuno kota ini, yang melewati hampir semua rumah di wilayah tersebut dan pintu masuknya seiring waktu ditutup oleh penduduk, dahulu merupakan fitur perdagangan penting bagi wilayah ini.

Dalam wawancara dengan media lokal, Mustafa Aksu, mantan wali kota distrik itu, mengatakan orang-orang yang datang ke Zincidere kuno seiring waktu membangun 250 rumah di lingkungan tersebut.

"Mereka adalah masyarakat kaya yang berkembang melalui perdagangan. Zincidere adalah pusat perdagangan kapas di Anatolia Tengah saat itu. Ada 52 pedagang kapas di sini pada tahun 1873. Mereka mendirikan pusat perdagangan penting di sini," katanya.

"Pusat utama dari terowongan bawah tanah ini adalah biara di Brigade Komando Zincidere. Terowongan ini melewati semua rumah di Zincidere. Jalan penghubungnya membentang dari sini hingga ke Kapadokia. Dari Kapadokia, ia pergi ke Aksaray dan kemudian ke Dulkadirli di K r ehir."

Menyebutkan bahwa terowongan tersebut dibangun terutama untuk tujuan pertahanan dan keamanan, Aksu mengatakan bahwa terowongan juga membuat orang tetap sejuk selama musim panas.

Baca Juga: Saudi Sepakat Beli Drone Tempur Turki selama Kunjungan Erdogan ke Arab Saudi

Kota bawah tanah sepanjang 376 kilometer di provinsi Anatolia Tengah, Kayseri, terus memunculkan misteri baru seiring penelusuran arkeologi para ahli Turki. Panjang total terowongan bawah tanah setelah diukur ternyata sepanjang 376 kilometer. (Sumber: Daily Sabah)

Aksu menambahkan bahwa terowongan melewati banyak rumah, tetapi penduduk menutup jalur masuk dengan memblokir pintu masuk seiring waktu.

"Karena terowongan melewati hampir semua rumah, setiap orang membangun tembok di pintu masuk sehingga tidak ada yang akan melanggar properti mereka."

Tahun 2017, seorang penggembala kambing di Turki menemukan kota bawah tanah kuno dengan 52 ruangan di Provinsi Kayseri, Turki, setelah para gembala dan penduduk setempat memberi tahu otoritas tentang gua di wilayah tersebut, seperti laporan Daily Sabah.



Sumber : Daily Sabah


BERITA LAINNYA



Close Ads x