Kompas TV internasional kompas dunia

Saudi Sepakat Beli Drone Tempur Turki selama Kunjungan Erdogan ke Arab Saudi

Kompas.tv - 19 Juli 2023, 00:54 WIB
saudi-sepakat-beli-drone-tempur-turki-selama-kunjungan-erdogan-ke-arab-saudi
Arab Saudi sepakat membeli drone TB2 Bayraktar buatan perusahaan Turki saat kunjungan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Arab Saudi hari Selasa, (18/7/2023) untuk menarik investasi asing. Seorang diplomat Arab di Riyadh, minta anonim karena tidak diizinkan berbicara kepada pers, menyatakan drone yang dimaksud adalah model TB2 milik Baykar. (Sumber: Bayhaluk/Wikipedia)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

RIYADH, KOMPAS.TV - Arab Saudi sepakat membeli drone buatan perusahaan Turki saat kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Arab Saudi, Selasa (18/7/2023), untuk menarik investasi asing.

Beberapa kontrak, termasuk kesepakatan drone dengan perusahaan swasta Baykar, ditandatangani selama pertemuan antara Erdogan dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman di pelabuhan Laut Merah Jeddah pada hari Senin, seperti dilaporkan Saudi Press Agency (SPA).

Haluk Bayraktar, CEO produsen drone yang juga dikelola oleh salah satu menantu Erdogan, menyebut kesepakatan tersebut sebagai "kontrak ekspor pertahanan dan aviasi terbesar dalam sejarah Republik Turki" dalam cuitannya.

Nilai kesepakatan ini belum diumumkan kepada publik.

Erdogan, yang pada pemilihan Mei lalu memenangkan masa jabatan lima tahun ke depan, berada di Arab Saudi untuk memulai tur negara-negara Teluk guna mencari dukungan bagi perekonomian Turki yang sedang terpuruk.

Pemimpin Turki ini dijadwalkan akan berkunjung ke Qatar hari Selasa.

Baca Juga: Sebut Turki Bisa Setujui Swedia Jadi Anggota NATO, Erdogan: Buka Jalan Kami Jadi Anggota Uni Eropa

Drone Bayraktar. Arab Saudi sepakat membeli drone TB2 Bayraktar buatan perusahaan Turki saat kunjungan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Arab Saudi hari Selasa, (18/7/2023) untuk menarik investasi asing. Seorang diplomat Arab di Riyadh, minta anonim karena tidak diizinkan berbicara kepada pers, menyatakan drone yang dimaksud adalah model TB2 milik Baykar. (Sumber: Pravda.ru)

Setelah menghadiri forum bisnis Saudi-Turki di Jeddah hari Senin, Erdogan dan Pangeran Mohammed membahas "prospek kerja sama bersama" dalam pertemuan mereka, seperti laporan Saudi Press Agency SPA, Selasa, (18/7/2023).

Kedua pemimpin tersebut menandatangani perjanjian kerja sama di bidang energi, investasi langsung, pertahanan, dan media, demikian laporan tersebut menyebutkan.

Laporan itu juga menambahkan bahwa pejabat Saudi juga menandatangani "dua kontrak dengan perusahaan Turki, Baykar".



Sumber : Saudi Press Agency SPA / France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x