Kompas TV regional jabodetabek

Polisi: Keluarga Tolak Jenazah Brigadir RAT Diautopsi, Langsung Dipulangkan ke Manado

Kompas.tv - 27 April 2024, 21:15 WIB
polisi-keluarga-tolak-jenazah-brigadir-rat-diautopsi-langsung-dipulangkan-ke-manado
Ilustrasi jenazah. Keluarga Brigadir RAT menolak autopsi. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Henrikus Yossi mengatakan bahwa pihak keluarga menolak jenazah anggota Satlantas Polresta Manado, Brigadir RAT, untuk dilakukan autopsi.

Yossi menjelaskan bahwa keputusan tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari istri dan keluarga Brigadir RAT yang berada di Manado.

“Keluarga menegaskan bahwa mereka tidak bersedia untuk dilakukan autopsi jenazah, jadi hanya dilakukan pemeriksaan visum et repertum atau pemeriksaan luar, tanpa autopsi,” kata Yossi, Sabtu (27/4/2024).

Baca Juga: Pengakuan Pemilik Rumah Tempat Brigadir RAT Diduga Bunuh Diri: Korban Seminggu Tinggal di Jakarta

“Perwakilan keluarga yang hadir di Jakarta telah mengonfirmasi hal tersebut ke keluarga di Manado,” sambungnya.

Ia menambahkan bahwa pihak keluarga juga telah mendapatkan penjelasan dari tim dokter forensik RS Polri terkait kondisi jenazah berdasaran pemeriksaan luar.

Setelah jenazah selesai divisum, selanjutnya jenazah diserahkan kepada pihak keluarga untuk kemudian diterbangkan ke Manado, Sulawesi Utara.

Peti jenazah RAT telah keluar dari ruangan instalasi kedokteran forensik pada pukul 19.11 WIB dan langsung dimasukkan ke mobil ambulans.

"Keluarga telah menerima jenazah dan selanjutnya akan dibawa ke Bandara Soekarno-Hatta untuk selanjutnya diterbangkan ke Sulawesi Utara," ujar Yossi.

Baca Juga: Pakar Psikologi Forensik Sebut Polisi Terlalu Dini Simpulkan Brigadir RAT Bunuh Diri

Sebelumnya, Brigadir RAT diduga mengakhiri hidupnya dengan menembak dirinya sendiri di dalam mobil Toyota Alphard di Jakarta Selatan pada Kamis (25/4/2024). Pistol yang digunakan adalah HS 9 milimeter. 


Rekaman CCTV menunjukkan mobilnya berhenti sebentar di depan sebuah rumah, lalu tiba-tiba berbelok dan menabrak kendaraan yang terparkir. 

Warga yang mendengar tabrakan langsung bergerak ke mobil itu dan menemukan Brigadir RAT sudah tak bernyawa.

Disclaimer:

Artikel ini tidak bertujuan untuk mempromosikan perilaku bunuh diri.

Apabila Anda saat ini mengalami depresi atau keinginan bunuh diri, jangan putus asa. Depresi dan gangguan kejiwaan dapat pulih dengan bantuan profesional kesehatan mental.

Temukan informasi mengenai bagaimana menjaga kesehatan mental dan menghubungi layanan profesional di laman Pencegahan Bunuh Diri Into The Light Indonesia di www.intothelightid.org/tentang-bunuh-diri

 



Sumber : Kompas.com, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x