Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Papua Nugini Kunjungi SD Wutung di Perbatasan

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 01:00 WIB
menlu-ri-retno-marsudi-dan-menlu-papua-nugini-kunjungi-sd-wutung-di-perbatasan
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi bersama Menlu Papua Nugini Justin Tkatchenko mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Wutung di kawasan perbatasan RI-Papua Nugini, Kamis (9/5/2024). (Sumber: Dok. Kemlu)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menlu Papua Nugini Justin Tkachenko mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Wutung yang berada di perbatasan RI-Papua Nugini, Kamis (9/5/2024).

Gedung sekolah yang berada di Desa Wutung, Provinsi West Sepik, Papua Nugini itu direnovasi dengan bantuan dana hibah Pemerintah Indonesia melalui Indonesia Aid.

Retno mengatakan bahwa kunjungan antara dua Menlu RI dan Papua Nugini ini merupakan sejarah baru.

Baca Juga: Menlu Retno Marsudi: Pelindungan bagi WNI di Luar Negeri Makin Rumit

“Hari ini sejarah baru dibuat. Untuk pertama kalinya Menlu kedua negara mengunjungi proyek bersama yang berkaitan erat dengan kepentingan masyarakat, yaitu pendidikan dasar, khususnya di kawasan perbatasan,” kata Retno melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Kamis.

“Antusiasme yang saya lihat hari ini menguatkan harapan saya tentang masa depan kedua negara yang menjanjikan," sambungnya.

Retno bilang, Indonesia merasa terhormat karena dapat berpartisipasi dalam renovasi SD Wutung. Menurutnya, sarana prasarana pendidikan merupakan hal yang penting dalam pembangunan sumber daya manusia.

Proyek renovasi sekolah tersebut hanya salah satu contoh komitmen Indonesia untuk mendukung pembangunan Papua Nugini.

Tak hanya di sektor pendidikan, Indonesia juga mendukung proyek-proyek lain, seperti pengelolaan sampah dan pembangunan pusat pemadam kebakaran, termasuk di Vanimo.

“Indonesia ingin tunjukkan bahwa kedua negara bukan hanya berbagai perbatasan, tetapi juga kemakmuran, khususnya bagi masyarakat di perbatasan," kata Retno.

Baca Juga: Geger Menlu Thailand Tiba-Tiba Mundur usai Dicopot dari Jabatan Wakil Perdana Menteri



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x