Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden Dilantik jadi Presiden AS, tapi Bernie Sanders yang jadi "Juaranya"

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 16:00 WIB
joe-biden-dilantik-jadi-presiden-as-tapi-bernie-sanders-yang-jadi-juaranya
Foto Bernie Sanders di Gedung Capitol yang ramai dijadikan meme oleh netizen (Sumber: Brendan Smialowski)
Penulis : Eddward S Kennedy

WASHINGTON, KOMPAS TV - Dalam pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat terpilih pada Rabu (20/1/2021), sosok yang justru membetot perhatian netizen justru Bernie Sanders.

Di tengah dinginnya udara di Washington, Senator dari Vermont berusia 79 tahun itu datang dengan mengenakan jaket tebal berwarna abu-abu lengkap dengan sarung tangan rajutan. 

Dengan setelan seperti itu, Bernie tampak kontras di antara sosok-sosok penting berpakaian mewah yang hadir di Capitol Hall. Ketika potretnya yang duduk bersila sambil mendekapkan tangan beredar di internet, dengan segera diolah menjadi meme oleh para netizen.

Baca Juga: Di Hari Pertama Menjabat, Joe Biden Langsung Pecat Kepala Staf Pelayan Gedung Putih

Sebagai informasi, potret Bernie yang viral itu dijepret oleh Brendan Smialowski. Ia adalah fotografer kawakan yang kerap memotret di Gedung Putih.

Karya-karyanya juga sudah banyak terpublikasi di ragam media global seperti The New York Times, TIME Magazine, Newsweek, US News & World Report, Der Spiegel, Le Point, USA Today, hingga The Washington Post.

Sementara sarung tangan rajutan yang dikenakan Bernie adalah buah karya seorang guru Sekolah Dasar di Essex Junction, Vermont, bernama Jen Ellis. Hal itu diungkapkan oleh pewarta politik Buzzfeed, Ruby Rramer melalu akun Twitter-nya.

Beberapa meme Bernie Sanders yang populer antara lain ketika ia duduk bersebelahan dengan Tom Hanks di potongan scene Forrest Gump. 

Ada yang di scene Harry Potter, Star Wars, juga bersama Thanos.

Sebuah akun Instagram yang kerap menampilkan foto-foto seputar New York juga cekatan mengolah foto Bernie menjadi meme. Seperti berikut ini yang diunggah oleh akun @newyorknico.

Salah satu meme Bernie Sanders yang satu ini paling menyedot perhatian. Diunggah oleh akun @jaketapper, seorang anchor news CNN, meme ini memperlihatkan Bernie duduk bersama Franklin D. Roosevelt, Winston Churchill, dan Joseph Stalin saat Konferensi Yalta tahun 1945.

Seperti diketahui Bernie Sanders mundur dari pencalonannya sebagai Presiden AS 2020 pada Rabu (8/4/2020) lalu. Sebelumnya pada 2016, ia juga memutuskan mundur.

Salah satu alasan mundurnya Bernie dalam pencalonan 2020 terkait berbagai aspek: kurangnya dukungan dari pemilih kulit hitam, tak disokong Kongres dan Gubernur, jumlah pemilih kaukus yang sedikit pada 2020, hingga minimnya partisipasi pemilih muda--basis yang justru diharapkan bisa mendongkrak nama Bernie.

Baca Juga: Jurus Joe Biden Atasi Covid-19 di Amerika Serikat

Namun demikian, dengan banyaknya meme yang beredar, tak salah bilamana menyebut Bernie Sanders adalah bintang utama dalam pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris pada Rabu (20/1/2021) kemarin.

Seperti yang ditulis Mike Ives di New York Times:

"Bernie Sanders tetap menjadi bintang meme terbesar hari itu, dengan tidak melakukan apa-apa selain duduk dan menyilangkan lengannya."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x