Kompas TV internasional kompas dunia

Di Hari Pertama Menjabat, Joe Biden Langsung Pecat Kepala Staf Pelayan Gedung Putih

Kompas.tv - 21 Januari 2021, 12:23 WIB
di-hari-pertama-menjabat-joe-biden-langsung-pecat-kepala-staf-pelayan-gedung-putih
Presiden Joe Biden menandatangani perintah eksekutif pertamanya di Kantor Oval Gedung Putih pada Rabu, 20 Januari 2021, di Washington. (Sumber: AP Photo/Evan Vucci)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Eddward S Kennedy

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV – Joe Biden dikabarkan pada hari pertamanya menjabat Presiden AS langsung memecat kepala staf rumah tangga dan operasi Gedung Putih, Timothy Harleth.  Hal ini disampaikan oleh dua sumber yang mengetahui situasi ini.

Siapakah Timothy Harleth? Dilansir dari Independent, Harleth merupakan kepala staf rumah tangga dan operasi yang ditunjuk oleh Melania Trump pada tahun 2017.

Sebelumnya Harleth merupakan salah satu direktur di Trump International Hotel yang hanya berjarak 1,6 km dari Gedung Putih.

Harleth merupakan orang ke sembilan yang pernah menjabat sebagai kepala staf rumah tangga dan operasi di Gedung Putih. Kepala staf yang sebelumnya menjabat mempunyai latar belakang yang beragam, mulai dari militer hingga pelayan publik non-politik.

Baca Juga: Joe Biden Sudah Baca Surat Donald Trump, Ini isinya

Sebelum dipecat, desas-desus bahwa posisi Harleth akan segera diganti orang lain memang sudah seliweran. Ini dikarenakan Harleth selumnya mempunyai hubungan dengan Trump Organisation.

Namun, Harleth mengindikasikan bahwa dia ingin tetap menjabat sebagai kepala staff rumah tangga dan organisasi di Gedung Putih.

Dia justru tidak ingin dianggap sebagai loyalis Donald Trump, yang hanya pernah ditemui Harleth satu kali saat interviu sebelum menjabat di posisinya sekarang.

Tapi, keputusan sudah diambil Biden: Harleth dipecat.

Baca Juga: Jokowi Sampaikan Ucapan Selamat Atas Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris

Menurut TMZ, Biden juga akan memecat staf gedung putih yang saling tidak menghormati. Ia ingin stafnya memiliki rasa hormat dan setia kawan.

“Jika anda pernah bekerja dengan saya dan saya mendengar anda memperlakukan kolega lain atau berbicara dengan tidak hormat, saya akan memecat anda di tempat,” kata Biden.

Biden juga menyebut, dia ingin stafnya memperlakukan satu sama lain dengan sopan. Menurut Biden, kesopanan inilah yang hilang dalam empat tahun terakhir.

"Sejarah mengukur kita dan sesama orang Amerika dengan seberapa baik, terhormat, dan pintar dalam menjaga kepentingan mereka," ucap dia.

Baca Juga: Joe Biden Teken 3 Hal di Hari Pertama Jadi Presiden AS



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x