Kompas TV ekonomi energi

Harga BBM Pertamina per 1 Mei 2024 Tidak Naik, Ini Alasannya

Kompas.tv - 1 Mei 2024, 21:50 WIB
harga-bbm-pertamina-per-1-mei-2024-tidak-naik-ini-alasannya
Pertamina (Persero) mengungkapkan alasan tidak menaikkan harga BBM pada 1 Mei 2024. (Sumber: Dok. Pertamina)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Pertamina (Persero) mengungkapkan alasan tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) per 1 Mei 2024.

Hal ini berbeda dengan penyedia BBM lainnya seperti Shell, Vivo dan BP yang melakukan penyesuaian atau menaikkan harga BBM per 1 Mei 2024.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan Pertamina tidak menaikkan harga BBM karena mendukung upaya pemerintah untuk menjaga stabilitas ekonomi.

"Penyesuaian harga BBM nonsubsidi memang mengacu pada regulasi. Namun pada kondisi saat ini kami mendukung upaya pemerintah untuk menjaga stabilitas perekonomian," ujar Irto dalam keterangan tertulis, Rabu (1/5/2024).

Baca Juga: Update Harga BBM Pertamina per 1 Mei 2024: Pertalite, Pertamax, dan Solar Turun?

Irto menjelaskan, penyesuaian harga BBM memang dilakukan secara berkala, setidaknya setiap awal bulan.

Penyesuaian, kata Irto, dilakukan dengan mempertimbangkan pergerakan harga minyak mentah dunia, harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS), serta nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Hal tersebut mengacu pada Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi.

Ia mengakui tren harga minyak dunia saat ini sedang menguat dan nilai tukar rupiah melemah. Kendati demikian, ucap Irto, Pertamina tetap mempertahankan harga BBM-nya guna mendukung kebijakan pemerintah.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x