Kompas TV nasional rumah pemilu

Ini Arahan Jokowi ke TKN Prabowo-Gibran untuk Pilkada Serentak

Kompas.tv - 1 Mei 2024, 14:15 WIB
ini-arahan-jokowi-ke-tkn-prabowo-gibran-untuk-pilkada-serentak
Presiden Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna, di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/2/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo disebut memberikan arahan terkait pemilihan umum kepala daerah. Jokowi menginginkan kandidat yang diusung dalam pilkada punya tujuan yang sama untuk membangun bangsa.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Relawan Solidaritas Merah Putih yang juga Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Silfester Matutina kepada Jurnalis Kompas TV Maryo Anugerah Sarong, Rabu (1/5/2024).

“Mengenai dari Pak Jokowi, arahannya sih ya sudah mengalir saja siapa yang terbaik yang bisa sama-sama membangun bangsa, itu yang akan kita bantu dan dukung,” ucap Silfester.

Baca Juga: Jokowi Kenalkan Prabowo ke Dunia Internasional, Pengamat: Tunjukkan Prabowo adalah Orang Jokowi

Silfester lebih lanjut menambahkan, saat ini sudah ada beberapa calon kepala daerah yang sudah mendekati untuk meminta dukungan.

“Memang sudah ada ya beberapa calon, terus beberapa calon lah intinya mendekati kami, relawan juga,” ucap Silfester.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tertanggal 26 Januari 2024 menetapkan Pilkada dilakukan serentak pada Rabu, 27 November 2024 di 37 Provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Pengamat Prediksi Prabowo Akan Tinggalkan Jokowi Setelah 20 Oktober 2024: Prioritaskan PDIP

Sebelum pemungutan suara, KPU akan melakukan penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus-21 September 2024. Kemudian pada 22 September 2024 akan dilakukan penetapan pasangan calon dan 25 September-23 November 2024 akan dilakukan pelaksanaan kampanye.


Selanjutnya KPU akan melakukan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada 27 November-16 Desember 2024.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x