Kompas TV video internasional

Jurus Joe Biden Atasi Covid-19 di Amerika Serikat

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 11:42 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden AS Joe Biden melakukan sejumlah langkah konkret untuk menekan penyebaran virus corona di Amerika Serikat. 

Ia menyadari ratusan ribu warganya telah meninggal akibat Covid-19.

Untuk itu Joe Biden tidak main-main dengan perintah eksekutif yang ia sampaikan agar dapat mengendalikan penyebaran virus. 

Presiden baru telah berjanji untuk mengambil tindakan yang jauh lebih agresif untuk menahan virus daripada pendahulunya.

Sepuluh perintah ditandatangani oleh Biden bertujuan untuk memulai strategi nasional COVID-19, demi meningkatkan vaksinasi dan pengujian. 

Seperti di antaRanya meletakkan dasar untuk membuka kembali sekolah dan bisnis, dan segera meningkatkan penggunaan masker, termasuk persyaratan orang Amerika untuk perjalanan.

"Rencana nasional kami meluncurkan upaya waktu perang skala penuh untuk mengatasi kekurangan pasokan dengan meningkatkan produksi dan peralatan pelindung, jarum suntik, apa saja," kata Biden dikutip dari APTN.

"Seperti yang saya katakan tadi malam, 400.000 orang Amerika telah tewas, itu lebih banyak daripada yang tewas dalam semua Perang Dunia Kedua. 400.000. Ini adalah upaya masa perang."lanjutnya.

1.    Masker

Kewajiban mengenakan masker untuk perjalanan yang dilaksanakan oleh Biden akan berlaku untuk bandara dan pesawat, kapal, bus antarkota, kereta api, dan transportasi umum. 

2.    Tes Covid

Wisatawan dari luar negeri harus memberikan tes COVID-19 negatif sebelum berangkat ke AS dan karantina pada saat kedatangan. Biden telah mengamanatkan masker pada properti federal.

3.    Vaksin

Biden berusaha untuk memperluas pengujian dan ketersediaan vaksin, dengan target 100 juta vaksin dalam 100 hari pertamanya menjabat.

Biden telah mengarahkan Badan Manajemen Darurat Federal untuk mulai mendirikan pusat vaksinasi, yang bertujuan untuk memiliki 100 pusat dan berjalan dalam sebulan. 

Dia memerintahkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit untuk memulai program untuk menyediakan vaksin melalui apotek lokal mulai bulan depan. 

Biden akan memobilisasi Layanan Kesehatan Masyarakat untuk menyebarkan bantuan lokalitas dalam vaksinasi.

4.    Paket bantuan ekonomi dan tanggapan COVID senilai $ 1,9 triliun.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengungkapkan pemerintahannya akan menyiapkan dana pemulihan ekonomi mencapai US$ 1,9 triliun. 

Dana ini akan diberikan sebagai bantuan sosial kepada masyarakat AS sampai pendanaan ekstra terkait distribusi vaksin corona.

5.    Pembentukan Gugus Tugas Kesetaraan Kesehatan COVID-19
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x