Kompas TV internasional kompas dunia

Gelombang Besar Ubur-Ubur Sumbat Saringan Pembangkit Listrik Di Israel

Kompas.tv - 13 Juli 2020, 16:46 WIB
gelombang-besar-ubur-ubur-sumbat-saringan-pembangkit-listrik-di-israel
Berton-ton ubur-ubur yang menyumbat saringan pendingin mesin pembangkit listrik di Israel dijaring dan dibuang (Sumber: AP)
Penulis : Agung Pribadi

Perusahaan listrik Israel (IEC) mengatakan pihaknya sedang sibuk bekerja untuk mendorong gelombang besar ubur-ubur agar kembali ke laut. Mereka menangani puluhan ribu ekor ubur-ubur yang telah mencapai pantai dan memblokir saringan pendingin pembangkit listrik stasiun Rothenburg di Israel selatan.

Oren Helman, wakil presiden perusahaan listrik Israel mengatakan,“Setiap tahun ada invasi gelombang besar ubur-ubur berjumlah puluhan ribu ekor hanya dalam waktu beberapa jam saja,” ujarnya di Tel Aviv, Israel Selatan (9/7).

Masalah yang disebabkan Ubur-ubur ini yaitu pada saat air laut dipompa untuk mendinginkan mesin, lalu ubur-ubur dalam jumlah besar menumpuk dan menyumbat saringan yang mengakibatkan suhu di pabrik mulai meningkat, menghentikan fungsi pembangkit listrik atau bahkan mungkin saja terjadi ledakan.

“Namun demikian tidak ada kerusakan yang serius terjadi selama dua tahun terakhir, sebab kami menempatkan monitor yang dapat memantau kedatangan ubur-ubur dan kemudian menyalakan mesin untuk mengeluarkan mereka dari saringan pendingin mesin,”ujar Helman.

Bulan Juli adalah musim pertumbuhan ubur-ubur di laut Mediterania yang menghadap ke Israel. Mereka ditemukan dalam jumlah besar di air hangat, terutama dekat pembangkit listrik di sepanjang pantai.

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.