Kompas TV regional peristiwa

Sepanjang Sabtu, Gunung Anak Krakatau Erupsi Tiga Kali

Kompas.tv - 18 Maret 2023, 23:44 WIB
sepanjang-sabtu-gunung-anak-krakatau-erupsi-tiga-kali
Aktivitas Gunung Anak Krakatau. (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

KOMPAS.TV, LAMPUNG - Gunung Anak Krakatau sepanjang Sabtu (18/3/2023) sudah tiga kali mengalami erupsi. Erupsi pertama tercatat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Pukul 14.46 WIB.

Pada erupsi pertama hari ini, tinggi kolom abu teramati kurang lebih 500 meter di atas puncak dan dari permukaan laut kurang lebih 657 meter kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal, condong ke barat daya.

Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi kedua pada Pukul 18.46 WIB dengan kolom abu tidak teramati. Dalam rekaman seismogram, amplitudo maksimum 38 mm dan durasi 53 detik, sedangkan kolam abu teramati hingga kurang lebih 300 meter.

Baca Juga: Takjub melihat Gunung Anak Krakatau Erupsi Freatik, Nelayan Justru Mendekat!

Erupsi ketiga pada hari yang sama terjadi pada Pukul 21.43 WIB dengan tinggi kolom abu tidak teramati, sedangkan amplitudo maksimum 46 mm.

PVMBG menyarankan masyarakat, pengunjung, wisatawan, maupun pendaki tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif gunung api tersebut, yang statusnya Siaga (Level III).

Saat ini, kegiatan masyarakat pesisir pantai barat Banten mulai kawasan Anyer sampai Carita dan Labuhan relatif normal dan tidak terpengaruh adanya aktivitas letusan Gunung Anak Krakatau.

Baca Juga: BMKG: Aktivitas Anak Gunung Krakatau Sebabkan Tsunami di Beberapa Lokasi


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x