Kompas TV nasional politik

Momen Lebaran Para Tokoh: Prabowo dan Ganjar Kunjungi Kyai, Puan Posting Cara Masak Rendang Ayam

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 06:21 WIB
momen-lebaran-para-tokoh-prabowo-dan-ganjar-kunjungi-kyai-puan-posting-cara-masak-rendang-ayam
Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto saat melakukan kunjungan silaturahmi ke salah satu ulama di Jawa Timur, Selasa (3/5/2022). (Sumber: Biro Humas Setjen Kemhan)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Momen Lebaran tahun 2022 dimanfatakan oleh para tokoh, terutama yang namanya masuk dalam radar calon presiden, untuk berkunjung ke sejumlah kyai.

Terbaru, misalnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menemui Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makassar sekaligus Rais Syuriah Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Makassar, KH Anne Gurutta Haji (AGH) Dr Baharuddin.


Ganjar mengaku sudah lama ingin bertemu dengan KH Baharuddin, namun harus tertunda karena pandemi Covid-19.

Gubernur Jateng ini mengatakan, kunjungannya pada Minggu (8/5) hanya sekedar silaturahmi sekaligus bertukar cerita dan pengalaman saja.

"Ini silaturahmi saja, sudah kita jadwalkan untuk berbincang banyak hal. Tapi karena waktunya enggak banyak, saya hanya silaturahmi. Yah untuk bangun komunikasi lah," kata Ganjar seperti diwartakan Antara, Minggu.

Sementara Prabowo Subianto yang juga ketua umum Partai Gerindra tak kalah gesit.

Prabowo pada Kamis (05/05/22)  malam bersilaturahmi ke kediaman Dewan Pertimbangan Presiden, (Watimpres) Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah. Prabowo bersama sejumlah rombongan langsung diterima putra Habib Luthfi untuk selanjutnya diarahkan masuk ke ruangan khusus.

Pertemuan keduanya berlangsung selama dua jam dan tertutup. Bahkan sejumlah kader dari Partai Gerindra yang datang dan juga rombongan rela menunggu di halaman kediaman Habib Luthfi, ulama kharismatis yang juga ketua JATMAN (Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu'tabaroh an-Nahdliyyah) ini.

Baca Juga: Temui Jenderal Subagyo HS yang Kurang Sehat, Prabowo Doa untuk Kesehatannya

Namun berbeda dengan Ketua DPR Puan Maharani. Salah satu ketua PDIP yang namanya juga disebut-sebut bakal dijagokan dalam perhelatan Pilpres 2024, memilih memposting cara memasak rendang ayam untuk sajian khas Lebaran.

"Hari Raya Idul Fitri atau hari Lebaran  identik dengan makanan enak. Setiap keluarga biasanya punya menu makanan khusus yang hanya dimasak tiap kali Lebaran tiba, " tulis Puan dalam akun twitter-nya, Rabu (4/5/2022) atau hari ketiga Idulfitri .

Menurut Puan, ibunya,  Megawati Soekarnoputri, setiap tahun memasak rendang ayam sebagai hidangan spesial untuk Lebaran. "Dan itu tradisi bagi keluarga kami," lanjutnya.

Resep rendang ayam bikinan sang ibu,  kata Puan, adalah resep warisan dari kakek, Soekarno. Resep itu juga sudah ditulis di Buku "Mustika Rasa, Resep Masakan Indonesia Warisan Soekarno".

Berikut cara membuat rendang ayam ala keluarga Puan:
1. Cuci daging, potong persegi
2. Giling halus bumbu, kecuali laos dan kunyit dan serai
3. Parut kelapa, jadikan santan

Baca Juga: Kunjungi Sulsel, Ganjar Pranowo Sowan ke Ulama Besar NU di Makassar, Bahas Apa?


4. Didihkan kelapa dan bumbu bumbu dengan wajan, masukkan daging
5. Masak dengan api sedang terus diaduk hingga air kering
6. Kecilkan api, aduk terus dengan sodet. Angkat bila kering dan warna coklat kehitaman. Jangan lupa untuk langsung dicoba ya. 

"Semoga berhasil," pungkasnya.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x