Kompas TV entertainment film

5 Fakta Film Minari yang Masuk 6 Nominasi Oscar

Kompas.tv - 16 Maret 2021, 16:11 WIB
5-fakta-film-minari-yang-masuk-6-nominasi-oscar
Fakta-fakta film Minari yang raih 6 nominasi di Oscar. (Sumber: Instagram/@minarimovie)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV – Film Minari berhasil masuk enam nominasi di Oscar, Senin (15/3/2021).

Keenam nominasi yang dikuasasi oleh film besutan sutradara Lee Isaac ini, di antaranya:

  • Best Picture, yang akan bersaing dengan The Father, Judas and the Black Messiah, Makn, Nomadland, Promising Young Woman, Sound of Metal, dan The Trial of Chicago 7.
  • Best Actor untuk Steven Yeun, bersaing dengan Riz Ahmed (Sound of Metal), Chadwick Boseman (Ma Rainey’s Black Bottom), Anthony Hopkins (The Father), dan Gary Oldman (Mank).
  • Best Director untuk Lee Isaac Chung, bersaing dengan Thomas Vinterburg (Another Round), Emerald Fennell (Promising Young Woman), David Fincher (Mank), dan Chloé Zhao (Nomadland).

Baca Juga: Daftar Lengkap Nominasi Oscar atau Academy Awards ke-93 Tahun 2021

  • Best Actress in a Supporting Role untuk Youn Yuh Jung, bersaing dengan Maria Bakalova (Borat Subsequent Moviefilm), Glenn Close (Hillbilly Elegy), Olivia Colman (The Father), dan  Amanda Seyfried (Mank).
  • Best Original Screenplay untuk Lee Isaac Chung, bersaing dengan Judas and the Black Messiah (Will Berson, Shaka King, Keith Lucas & Kenny Lucas), Promising Young Woman (Emerald Fennell), Sound of Metal (Derek Cianfrance, Abraham Marder & Darius Marder), dan The Trial of the Chicago 7 (Aaron Sorkin).
  • Best Original Score, bersaing dengan Da 5 Bloods, Mank, News of the World, dan Soul.

Lantas, apa saja fakta-fakta film Minari? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 366 Film Lolos Seleksi Kategori Film Terbaik Piala Oscar ke 93, Ada Film Indonesia? Ini Jawabannya

1. Disutradari oleh Lee Isaac Chung

Lee Isaac Chung meruapakan sutradara kebangsaan Amerika yang telah malang melintang di berbagai festival film internasional. Lee Isaac menggarap film pertamanya yang berjudul Munyurangabo yang berhasil masuk Festival Film Cannes tahun 2007 silam. Kredibilitasnya di bidang perfilman sudah tak diragukan lagi.

2. Dibintangi keturunan Korea-Amerika

Pemain film Minari ini sebagian besar dibintangi oleh pemain keturunan Korea berkebangsaan Amerika, seperti Steven Yeun, Alan Kim, dan Noel Kate Cho. Selain itu, bintang film seperti Han Ye Ri, Youn Yuh Jung juga akan melengkapi film Minari, di mana mereka melakukan debut internasionalnya melalui Minari.

Baca Juga: Daftar Seleksi Awal Nominasi Sembilan Kategori Piala Oscar 2021 Dirilis

3. Punya segudang prestasi

Sebelum mendapat 6 nominasi di Oscar, film Minari juga telah meraih piala Grand Prize dan Audence Awards di acara Sundance Film Festival.

Tak hanya itu, Minari juga mendapatkan penghargaan sebagai Best Motion Picture in Foreign Language di Golden Globes ke-73.

4. Diangkat dari kisah nyata

Bicara alur cerita, film Minari diangkat dari kisah nyata dari kehidupan Lee Isaac Chung yang merupakan keluarga imigran asal Korea yang pergi ke daerah pedesaan di Amerika sekitar tahun 1980-an.

Film ini juga mengangkat perjuangan keluarga minoritas yang harus berjuang untuk bertahan hidup di tempat yang jauh dari kampung halamannya.

Baca Juga: Aktor Pemenang Oscar Tertua Christopher Plummer Meninggal di Usia 91 Tahun

5. Youn Yuh Jung

Menariknya, peran Youn Yuh Jung di film Minari ini mengantarkannya pada rekor orang Korea pertama yang mendapatkan nominasi di Oscar dalam kategori akting.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x