Kompas TV internasional kompas dunia

366 Film Lolos Seleksi Kategori Film Terbaik Piala Oscar ke 93, Ada Film Indonesia? Ini Jawabannya

Kompas.tv - 27 Februari 2021, 05:44 WIB
366-film-lolos-seleksi-kategori-film-terbaik-piala-oscar-ke-93-ada-film-indonesia-ini-jawabannya
Piala Oscar 2021. Total 366 film panjang (feature film) lolos seleksi untuk kategori Film Terbaik ajang Academy Awards atau Oscar ke-93, demikian diumumkan pihak penyelenggara pada Kamis (25/02/2021).(Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

 

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Total 366 film panjang (feature film) lolos seleksi untuk kategori Film Terbaik ajang Academy Awards atau Oscar ke-93 tahun 2021, demikian diumumkan pihak penyelenggara pada Kamis (25/02/2021).

Itu adalah jumlah film terbanyak yang lolos untuk bersaing memperebutkan gelar Film Terbaik Oscar dalam 50 tahun terakhir. Tahun lalu, ada 344 film yang memenuhi syarat untuk kategori tersebut.

Agar memenuhi syarat untuk dipertimbangkan berdasarkan ketentuan yang hanya diterapkan pada Academy Awards ke-93, film panjang yang durasinya harus melebihi 40 menit, dapat ditayangkan di bioskop komersial di sedikitnya satu dari enam wilayah metropolitan Amerika Serikat (AS), yaitu Los Angeles County; New York City; Bay Area; Chicago, Illinois; Miami, Florida; dan Atlanta, Georgia, sebelum 28 Februari.

Film-film tersebut juga harus memenuhi syarat kualifikasi terkait masa tayang, yaitu minimal tujuh hari beruntun di lokasi yang sama, kata Academy of Motion Picture Arts and Sciences dalam pernyataan persnya.

Baca Juga: Daftar Seleksi Awal Nominasi Sembilan Kategori Piala Oscar 2021 Dirilis

Tom Hanks tiba di ajang penghargaan piala Oscar, 9 Februari 2020 (Sumber: Jordan Strauss/Invision/AP)

Pihak Academy juga menyebut bahwa bioskop drive-in yang buka setiap malam juga tergolong sebagai tempat komersial yang memenuhi syarat di kota-kota di atas.

Film yang dimaksudkan untuk diputar di bioskop tetapi pada awalnya tersedia di layanan streaming komersial, layanan video-on-demand (VOD) atau bentuk penyiaran lain dapat dianggap memenuhi syarat jika film tersebut disediakan di situs anggota Academy Screening Room dalam waktu 60 hari setelah diputar atau disiarkan melalui platform streaming atau VOD, menurut pihak penyelenggara.

Di antara 366 film yang lolos seleksi, ada beberapa yang dipandang sebagai unggulan, seperti film garapan sutradara wanita asal China Chloe Zhao "Nomadland", film bergenre historical legal drama garapan Aaron Sorkin "The Trial of the Chicago 7", drama komedi Korea-Amerika besutan Lee Isaac Chung "Minari".

Baca Juga: "Parasite" Jadi Film Asia Pertama yang Raih 4 Piala Oscar

Selain itu ada film drama periode sejarah arahan Regina King "One Night in Miami", drama perang karya sutradara Spike Lee "Da 5 Bloods", "Mank" arahan David Fincher, "Promising Young Woman" besutan Emerald Fennell, dan film drama animasi garapan Pete Docter "Soul" yang dilaporkan juga menjadi unggulan untuk membawa pulang penghargaan Film Terbaik Oscar.

Proses pemilihan nominasi untuk gelaran Oscar ke-93 akan berlangsung antara 5-10 Maret, sementara daftar nominasi akan diumumkan pada 15 Maret.

Ajang penghargaan Oscar ke-93 akan diselenggarakan pada 25 April mendatang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x