Kompas TV entertainment film

Aktor Pemenang Oscar Tertua Christopher Plummer Meninggal di Usia 91 Tahun

Kompas.tv - 6 Februari 2021, 10:05 WIB
aktor-pemenang-oscar-tertua-christopher-plummer-meninggal-di-usia-91-tahun
Christopher Plummer meninggal di usia 91 di samping istrinya. (Sumber: Instagram/@christoperplummer)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV – Aktor pemenang Oscar, Christopher Plummer meninggal dunia di usia 91 di kediamannya, Connecticut, Amerika Serikat, Jumat (5/2/2021).

Keluarga Plummer mengkonfirmasi kabar duka tersebut. Christopher Plummer dikabarkan meninggal dengan damai di samping istrinya, Elaine Taylor.

Christopher Plummer sendiri merupakan pemenang Oscar untuk film Beginners pada 2010 dan pernah masuk nominasi untuk All The Money in the World.

Teman lama sekaligus manajernya, Lou Pitt, menyampaikan sejumlah patah kata untuk mengenang kepergian sahabatnya tersebut. ia mengebut Christopher Plummer sebagai harta nasional yang berharga.

Baca Juga: Artis China Gao Liu Tunjukkan Hidung yang Membusuk Usai Operasi Plastik

“Chris adalah pria luar biasa yang sangat mencintai dan menghormati profesinya dengan tata krama kuno yang hebat, humor yang mencela diri sendiri dan musik kata-kata. Dia adalah harta nasional yang sangat menikmati akarnya di Kanada,” kata Lou Pitt, seperti dikutip dari Guardian, Sabtu (6/2/2021).

“Melalui seni dan kemanusiaannya, dia menyentuh semua hati kita dan kehidupan legendarisnya akan bertahan untuk semua generasi yang akan datang. Dia akan selamanya bersama kit,” lanjutnya.

Christopher Plummer lahir dengan nama Arthur Plummer di Toronto pada 1929 silam. Ia dibesarkan di Quebeq dan fasih berbahasa Inggris dan Perancis.

Setelah meninggalkan sekolahnya, Christopher Plummer bergabung dengan Montreal Repertory Theatre. Setelah beberapa waktu, Ia mendapat peran sebagai Hal di Henry V di Festival Stanford tahun 1956.

Baca Juga: Biasa Tampil Gotik, Wanita Ini Bertransformasi Jadi Model Selebgram

Plummer sendiri pertama kali memainkan film di layar kaca pada tahun 1958 dan membintangi Stage Struck.

Ia mulai populer dan terkenal usai memerankan karakter penyanyi anti-Nazi, Kapten von Trapp di The Sound of Music pada tahun 1965. Musikal ini mendapatkan lima Academy Awards.

Christopher Plummer juga memenangkan dua trofi  untuk Aktor Terbaik Tony Awards, yakni untuk Cyrano dan drama Barrymore.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x