Kompas TV nasional politik

PKB Mematok 3 Kriteria Utama untuk Calon Kandidat Kepala Daerah yang Ingin Diusung di Pilkada 2024

Kompas.tv - 1 Mei 2024, 22:17 WIB
pkb-mematok-3-kriteria-utama-untuk-calon-kandidat-kepala-daerah-yang-ingin-diusung-di-pilkada-2024
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam konferensi pers di rumah dinasnya, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (20/4/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV.)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mematok tiga kriteria utama untuk calon kandidat kepala daerah yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Penjelasan mengenai tiga kriteria utama tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar di Jakarta, Rabu (1/5/2024) malam.

Muhaimin menyebut ketiga kriteria utama itu berlaku bagi kader maupun non-kader PKB yang ingin diusung.

"Kader atau tidak kader sama. Tiga kriteria, yakni elektabilitas, kapasitas dan visi. Kader pun kalau tidak masuk tiga kriteria itu akan dicoret," kata Muhaimin, dikutip Antara.

Baca Juga: Polemik Koalisi Besar Prabowo, Potensi Konflik dan Hambatan Mungkin Terjadi

Muhaimin juga menyampaikan hal itu saat memberikan arahan pada kegiatan pengenalan atau taaruf bakal calon kepala daerah zona Sumatera yang diusung PKB.

Menurut Cak Imin, sapaan akrabnya, berkumpulnya para bakal calon itu sebagai upaya penjajakan dari aspek elektoral masing-masing bakal calon.

Selain sebagai penjajagan, kegiatan itu sekaligus untuk mendengarkan komitmen terhadap strategi pembangunan daerah, karena PKB benar-benar mengabdikan seluruh pilihannya kepada kepentingan rakyat di daerah.

"Kami ingin mendorong desentralisasi. Selama 10 tahun terakhir, terlampau sentralisasi,” tuturnya.

“PKB ingin para calon kepala daerah ini betul-betul siap menjadi pimpinan otonom daerah.”

Cak Imin menjelaskan bahwa PKB ingin mengembalikan lagi semangat reformasi 1998 sehingga dapat mempercepat kemajuan dan kemakmuran rakyat.

Baca Juga: PKB-PPP Berkoalisi di Pilgub Jatim, Cak Imin Tak Mau Sebut Kandidat! Ini Alasannya

"Kalau redistribusi kekuasaan melalui otonomi daerah itu berjalan kembali secara maksimal, para kepala daerah yang terpilih ini sudah benar-benar siap,” ucapnya.

“Jadi, mimpi PKB adalah keseimbangan, tidak semuanya menjadi sentralisasi," jelasnya.


 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x