> >

Ini 3 Kategori Pengunjung yang Diusulkan Bisa Naik Candi Borobudur Gratis

Ekonomi dan bisnis | 13 Juni 2022, 06:11 WIB
Pengunjung Candi Borobudur. Harga tiket masuk Candi Borobudur akan dinaikkan menjadi Rp750 ribu untuk wisatawan lokal dan 100 USD untuk wisatawan mancanegara. (Sumber: Kompas TV/Kurniawan Eka Mulyana)

JAKARTA, KOMPAS.TV - BUMN PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) mengusulkan tiga kategori pengunjung yang bisa naik ke Candi Borobudur secara gratis, kepada pemerintah.

Yaitu pengunjung dalam kegiatan kenegaraan, upacara keagamaan, dan WNI yang mendapat rekomendasi dari otoritas terkait.

"Kegiatan kenegaraan masih diizinkan karena kita sama-sama tahu bahwa Candi Borobudur jadi kebanggaan bangsa," kata Direktur Utama PT TWC Edy Setijono, dikutip dari Antara, Senin (13/6/2022).

Kategori kedua adalah bagi pemimpin upacara keagamaan yang selaras dengan kesepakatan bersama antarmenteri terkait dengan kegiatan keagamaan di Candi Borobudur.

Baca Juga: Keluarkan Unek-Unek, Luhut: Ribut-Ribut dan Cari Popularitas, Tarif Naik Borobudur Ditunda!

"Memberikan ruang (naik Candi Borobudur) kepada pemimpin upacara keagamaan, bukan pesertanya karena spirit konservasi tadi," ujarnya.

Selanjutnya, adalah siapa saja warga negara Indonesia (WNI) yang memperoleh izin atau rekomendasi dari otoritas yang akan ditentukan pemerintah. Sedangkan kriteria seperti apa saja pengunjung yang mendapatkan rekomendasi, nantinya akan ditentukan oleh otoritas tersebut.

"Bagi yang tidak termasuk tiga kategori itu, harus mau di-treatment khusus. Treatmen-nya adalah dengan tarif. Misalnya, orang yang hanya ingin melihat-lihat saja," ucap Edy.

Menurutnya, rencana penerapan tarif tiket yang tinggi terhadap kelompok pengunjung di luar tiga kategori itu sama sekali tidak berkaitan dengan komersialisasi.

Baca Juga: Ganjar Usul Candi Borobudur Digratiskan bagi Umat Buddha yang Ingin Beribadah

Penulis : Dina Karina Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Antara


TERBARU