Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Rangkaian Prosesi Menjelang Hari Raya Waisak

Kompas.tv - 24 Mei 2024, 10:07 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KOMPAS.TV - Ada sejumlah rangkaian acara yang dilakukan oleh umat Buddha menjelang Hari Raya Waisak. Salah satunya proses pengambilan air suci Waisak di Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung yang diikuti oleh puluhan biksu dan penyakralan air suci di Candi Mendut, Kabupaten Magelang.

Puluhan biksu melakukan pengambilan air berkah Waisak di mata air suci Umbul Jumprit, di Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah Rabu (22/05/2024) siang.

Para biksu mendatangi Umbul Jumprit, dengan membawa kendi yang digunakan untuk mengambil air. Air kemudian dibawa ke altar untuk dilaksanakan puja bakti bentuk pelaksanaan ajaran Buddha sekaligus penghormatan kepada Buddha.

Pada Waisak 2024, total sebanyak 22 ribu kendi yang dibawa dari Umbul Jumprit menuju ke Candi Mendut, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, untuk disemayamkan dan disakralkan bersama api abadi yang diambil dari Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Air sangat penting bagi manusia. Air yang jernih menjadi simbol pembersihan dan penyadaran pikiran manusia dalam menjalani hidup sehari-hari.

#waisak #buddha #biksu



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x