Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Nikmatnya Kuliner Entog Goreng Rempah

Kompas.tv - 24 Mei 2024, 09:54 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Makanan berbahan dasar daging entog ini mungkin sudah banyak dikenal. Namun soal rasa, tentu jauh lebih nikmat jika menyantapnya di Warung Pak W yang berada di Desa Bacin Kecamatan Bae Kudus, Jawa Tengah.

Banyak masyarakat di Kabupaten Kudus dan sekitarnya menyempatkan untuk mampir makan entog goreng di warung ini. Tentu karena olahan entog goreng di warung ini memiliki cita rasa yang lebih nikmat jika dibanding di warung entog yang lain.

Untuk mendapatkan olahan daging yang empuk dan gurih ini memerlukan beberapa tahapan olahan, mulai dari rebusan utuh hingga saat proses penggorengan dicampur dengan bumbu rempah.

Daging gorengnya yang empuk dan rasa bumbu rempah yang gurih membuat para pembeli terpikat, terlebih dengan sambel terasi mentahnya yang menambah penikmat susah berhenti untuk menyantap hidangan tersebut.

"Rasa rempahnya lebih terasa, manis, pedes, asin ada semua. Jadinya lengkap," ujar Nadia Kristiarini, pembeli asal Pati. 

Menurut pemilik warung, menu entog goreng menjadi menu favorit para pemburu kuliner. Selain itu, juga ada menu rica rica entog, tongseng entog dan aneka olahan belut dan ayam. Dalam sehari warung ini dapat menghabiskan 15 hingga 20 ekor entog.

"(Setiap hari ada berapa entog yang disiapkan?) Kalau tidak ada pesanan, 15 ekor. Itu belum ayam sama sapi. Kalau ramai, bisa sampai 20 ekor entog, ayamnya bisa sampai 15 ekor. Satu ekor bisa menjadi kurang lebih 15 sampai porsi," tutur Septina Dertia Ningsih, penjual entog goreng rempah.

Untuk kuliner satu porsi entog goreng, harganya cukup terjangkau yaitu Rp 22.000. Selain entog goreng, di Warung Pak W juga menyediakan belut goreng dan aneka olahan ayam kampung.

#kulinerkudus #entoggoreng #makanan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x