Kompas TV regional jawa tengah dan diy

9 Juta Orang Diprediksi Wisata ke DIY Akhir Tahun, Catat Rekayasa Lalu Lintas Menuju Gunungkidul

Kompas.tv - 15 Desember 2023, 08:46 WIB
9-juta-orang-diprediksi-wisata-ke-diy-akhir-tahun-catat-rekayasa-lalu-lintas-menuju-gunungkidul
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengungkapkan rekayasa lalu lintas menjelang libur nataru (Sumber: Kompas.tv/Ant/Dishub Gunung Kidul)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu destinasi wisata favorit liburan akhir tahun.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul Bayu Susilo Aji mengatakan pihaknya sudah menyiapkan jalur alternatif terjadi kepadatan di jalur utama menuju wisata Gunungkidul.

Adapun terkait rekayasa lalu lintas, kata Bayu juga akan disiapkan namun bersifat situasional. 

"Kita sudah siapkan rekayasa arus lalu lintas, sifatnya situasional," kata Bayu dalam keterangannya dikutip Jumat (15/12/2023). 

Menurutnya, rekayasa arus lalu lintas ini karena ada lima titik yang berpotensi terjadi kepadatan saat liburan.

Baca Juga: Simak, Berikut Jadwal Lengkap Kereta Api Bandara YIA Yogyakarta

Berikut titik rekayasa lalu lintas yang disiapkan Dishub Kabupaten Gunungkidul:

1. Simpang empat Patuk, atau ke arah selatan menuju destinasi wisata Heha, akan dipasang pembatas. Dari arah Yogyakarta menuju ke Heha diputarkan dulu ke Kali Pentung baru kekiri. Untuk wisatawan yang keluar dari Heha ke kiri arah Yogyakarta.

Jalur utama Jogja-Wonosari kendaraan kecil diimbau bisa menggunakan jalur alternatif melalui Sambi-Tawang-Sorogedug/Klaten, atau Playen-Getas-Mangunan-Imogiri. 

2. Bus wisata dari Klaten, Solo dan sekitarnya diarahkan masuk melalui Jalan Baron. Dari arah Wonogiri, Pacitan bisa mengakses JJLS (Jalur Jalan Lintas Selatan).

"Bus Pariwisata dari arah Yogyakarta bisa melalui simpang 3 Gading kanan Playen, Paliyan, lanjut ke arah JJLS," kata Bayu. 

Baca Juga: Tiket Kereta dari Yogyakarta untuk Periode Libur Nataru 2023/2024 Sudah Terjual 34 Persen



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x