Kompas TV olahraga sepak bola

Daftar Wasit yang Bakal Pimpin Laga Timnas U23 Indonesia vs Irak: Sivakorn Pu-Udom Jadi Asisten VAR

Kompas.tv - 1 Mei 2024, 16:44 WIB
daftar-wasit-yang-bakal-pimpin-laga-timnas-u23-indonesia-vs-irak-sivakorn-pu-udom-jadi-asisten-var
Wasit asal Thailand Sivakorn Pu-Udom akan menjadi asisten VAR di laga Timnas U23 Indonesia vs Irak dalam pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024. (Sumber: fifa.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah merilis daftar wasit dan perangkat pertandingan yang akan memimpin jalannya pertandingan Timnas U23 Indonesia vs Irak.

Seperti yang diketahui, Garuda Muda bakal melawan Irak dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024, Kamis (2/4/2024) besok malam.

Pemenang dari pertandingan tersebut sekaligus merebut tiket lolos langsung ke Olimpiade 2024 Paris menyusul Jepang dan Uzbekistan yang sudah merebut dua tiket sebelumnya karena status mereka sebagai finalis Piala Asia U23.

AFC pun telah memilih daftar wasit yang bertugas untuk memimpin laga pertandingan krusial ini.

Dilansir dari laman resmi AFC, Rabu (1/5), wasit asal Arab Saudi Majeed Alshamrani akan menjadi pengadil utama.

Alshamrani akan dibantu dua rekan senegaranya yaitu Hesham Alrefaei dan Omar Aljamal yang menjadi asisten wasit 1 dan asisten wasit 2, sementara fourth official diampu Hanna Hattab dari Suriah.

Akan tetapi, pemilihan perangkat pertandingan dari AFC mendapatkan sorotan terkait wasit VAR.

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom, bakal kembali bertugas di ruang VAR sebagai asisten VAR. Ia akan membantu Abdullah Al Shehri dari Arab Saudi yang menjadi wasit utama VAR .

Pemilihan Sivakorn sebagai asisten VAR pun mengundang perhatian suporter Indonesia yang menilai sang wasit kerap memberikan keputusan yang merugikan anak-anak asuhan Shin Tae-yong ini.

Seperti yang terjadi pada pertandingan Timnas Indonesia vs Qatar di penyisihan Grup A Piala Asia U23 2024, sejumlah keputusan kontroversial terjadi di laga tersebut.

Qatar mendapatkan hadiah penalti, akibat pelanggaran yang dilakukan Rizky Ridho. Padahal, sebelumnya keputusan wasit utama hanya berbuah tendangan bebas.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x