Kompas TV regional jawa timur

Patung Ganesha Umat Hindu di Gunung Bromo Hilang Misterius

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 20:40 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Patung ganesha di bibir kawah gunung bromo Kabupaten Probolinggo Jawa Timur hilang misterius. Padahal patung itu disakralkan oleh masyarakat hindu suku tengger.

Warga suku tengger di Kabupaten Probolinggo geram dengan hilangnya patung ganesa yang berada di kawah gunung bromo. Patung itu berada di sisi timur bibir kawah bromo. Patung itu merupakan sentra peribadatan dan tempat sesaji umat hindu tengger.

Patung ganesa berukuran 50 sentimeter, berbahan beton dan dibuat tahun 2012. Patung ganesa diketahui raib pada 17 Mei 2023. Patung diketahui lenyap saat sejumlah pemandu wisata mendampingi sejumlah wisatawan ke puncak gunung.

Temuan itu langsung dilaporkan ke tokoh adat dan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Warga dan pihak TNBTS menduga patung dicuri oleh pihak tak bertanggung jawab.

Baca Juga: Wisatawan Asal Jerman Kencing Di Kawah Gunung Bromo Minta Maaf

Polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara dan menemukan sisa-sisa reruntuhan. Proses penyelidikan masih dilakukan dan belum diketahui secara pasti penyebab raibnya patung ganesha, apakah dicuri apa jatuh ke bibir kawah bromo.

 

#ganesha #umathindu #gunungbromo #sukutengger #probolinggo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x