Kompas TV regional berita daerah

Nanas Madu Diolah Siswa SMK Jadi Aneka Makanan

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 21:08 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Di Kecamatan Belik, Randudongkal dan Pulosari terdapat kebun-kebun nanas madu milik warga yang luas. Daerah ini pun menjadi penghasilan nanas madu yang melimpah ruah. Namun tak jarang harganya anjlok membuat petani merugi. Prodi agribisnis pengolahan hasil pertanian SMK Negeri 01 Randudongkal mengajak siswanya untuk membuat inovasi berbagai makanan dengan berbahan nanas madu.

 

Di laboratorium sekolah para siswa memproduksi jenang, nastar, selai, permen, koktail yang semuanya berbahan nanas madu. Produk-produk ini kemudian dipasarkan dengan cara menitipkan di toko oleh-oleh di pemalang dan sekitarnya, juga di dalam showroom di komplek sekolah. 

 

Hasilnya pun tidak mengecewakan, produk olahan para siswa ini cukup laris diminati konsumen, terbukti setiap hari setidaknya mampu menghabiskan 10Kg nanas untuk membuat aneka makanan.

 

inovasi dan kreasi siswa ini diharapkan mampu memberikan solusi kepada petani dan masyarakat setempat agar mau mengolah produk pertanian khas pemalang menjadi produk dengan nilai tambah berupa makanan berbahan nanas. Sehingga kesejahteraan para petani dan masyarakat bisa meningkat.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x