Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Waisak, Wisata Candi Borobudur Tetap Buka

Kompas.tv - 24 Mei 2024, 10:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Saat hari perayaan Tri Suci Waisak, kawasan wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang Jawa Tengah tetap dibuka bagi wisatawan yang akan berlibur.

Namun, meski dibuka terdapat pembatasan dan penyesuaian bagi para wisatawan.

Seperti wisata untuk naik ke struktur candi maupun di zona satu atau pelataran Candi Borobudur. Di kedua area tersebut hanya bisa dikunjungi wisatawan sampai pukul 13.00 WIB.

Sedangkan untuk kawasan zona dua atau di kawasan taman wisata candi dibuka seperti jam operasional biasa. Namun, diimbau kepada pengunjung untuk tidak mengganggu ibadah umat Buddha.

“Jam kunjungan wisatawan selama Waisak ini memang akan ada dua hal yang paling terasa. Yang pertama adalah jam naik candi, hanya akan dibatasi sampai ke sesi empat yaitu pukul 11.30 sampai 13.00. Sedangkan untuk yang kedua terkait dengan kunjungan di zona satu nantu kita batasi sampai pukul 13.00 unutk kemudian dilanjutkan proses pengondisian terkait dengan rangkaian ibadah waisak dan nantinya akan disusul dengan festival lampion,” jelas Ryan Eka Permana Sakti, jubir PT TWC.

Pembatasan dan penyesuaian bagi para wisatawan tersebut bertujuan untuk memperlancar prosesi Waisak. Selain itu juga memberikan kenyamanan bagi umat Buddha dalam menjalankan ibadah Tri Suci Waisak.

#waisak #borobudur #trisuciwaisak



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x