Kompas TV pendidikan edukasi

Penjelasan Lengkap Seni Rupa: Pengertian, Jenis, Fungsi, Unsur dan Contohnya

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 14:10 WIB
penjelasan-lengkap-seni-rupa-pengertian-jenis-fungsi-unsur-dan-contohnya
Penjelasan lengkap seni rupa (Sumber: my modern met)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seni rupa adalah realisasi dari ekspresi ide, imajinasi dan emosi manusia yang pewujudannya tidak memiliki batas. 

Mempelajari seni rupa sangat penting untuk mengasah kreativitas sekaligus bentuk ekspresi diri ketika tergugah dengan keindahan alam atau benda lain.

Belajar tentang seni rupa juga bermanfaat untuk mereka yang ingin menjadi profesional di bidang seni atau hanya untuk menikmatinya secara pasif.

Berikut penjelasan lengkap seni rupa, seperti pengertian, fungsi, jenis, unsur dan contohnya.

Pengertian Seni Rupa

Seni berasal dari kata sani (Sanskerta) yang berarti pemujaan, persembahan, dan pelayanan. Ada pula yang beranggapan bahwa kata seni dari bahasa Melayu Riau (Sungai Rokan) sonik yang berasal dari kata 'so' atau 'se' artinya adalah 'satu'.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Teks Argumentasi: Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri-ciri dan Contohnya

Pendapat lain menyatakan seni berasal dari bahasa Sangsakerta 'swa' (satu), yang digabung dengan kata 'nik' yang artinya sesuatu yang sangat kecil atau halus. Kata sonik/sonit/seni berarti suatu yang halus bentuk rupa maupun sifatnya.

Secara umum, seni adalah sebuah kegiatan manusia untuk menciptakan karya visual, audio, maupun pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi.

Sementara itu, seni rupa adalah cabang seni yang bentuk perwujudannya dapat dilihat dan diraba, perwujudannya terdiri dari unsur rupa berupa titik, garis, bidang atau ruang, bentuk atau wujud, gelap terang, dan tekstur. 

Salah satu cabang seni ini mengandalkan mata sebagai alat untuk proses mencipta sejak dari pengamatan sampai kepada visualisasi gagasan, ataupun dalam proses apresiasi produk visualisasi.

Jenis Seni Rupa

Menurut Oswald Kulpe dalam “Garis Besar Estetika” yang dikutip dari laman Gramedia, ada tiga jenis seni rupa, yakni sebagai berikut.

1. Dua dimensi, yaitu memiliki unsur-unsur garis, cahaya, warna, bentuk, dan gerak. Contohnya seni lukis dan gambar.

2. Tiga dimensi, yaitu memiliki unsur seperti dua dimensi tetapi terdapat unsur tambahan yang lebih menonjol yakni volume. Contohnya seni pahat dan ukir.

3. Perpaduan antara unsur permukaan dan bentuk, contohnya seni arsitektur dan pertamanan.

Berdasarkan fungsinya, seni rupa juga dibedakan menjadi 2 jenis yaitu.

1. Karya seni rupa murni (fine art), yakni diciptakan semata-mata ditujukan untuk memenuhi kebutuhan batin seseorang yang berhubungan dengan rasa keindahan.

2. Karya seni terapan (applied art), yang memperhitungkan nilai fungsional. Dengan kata lain karya seni terapan menekankan pada kegunaan atau kepraktisan.

Baca Juga: Pameran Seni Rupa di Universitas PGRI Semarang Tampilkan Beragam Karya

Fungsi Seni Rupa

Dilansir dari buku Art as Image and Idea (1967) karya Edmund Burke Feldman, yang dikutip dari Kompas.com, Rabu (26/7/2023), ada tiga fungsi seni rupa.

1. The Personal Functions of Art (Fungsi individu)

Seni rupa sebagai gambar visual atau media komunikasi yng bisa mengungkapkan seluruh dimensi kepribadian manusia, psikologis, dan keadaan tertentu.

Seni lebih dari simbol dan tanda-tanda yang digunakan seperti garis, warna, tekstur. Keberadaan unsur-unsur ini memberi maksud dan makna kepada artis dan penontonnya. Contohnya seperti karya seni patung dan lukisan.

2. The Sosial Functions of Art (Fungsi sosial)

Seni rupa memiliki fungsi sosial jika mempengaruhi kelompok manusia. Seni dibuat untuk dilihat dan atau digunakan dalam situasi umum yang menggambarkan aspek-aspek kehidupan bersama.

Contohnya bisa pada karya ilustrasi dalam buku, poster, dan gambar pada media baik cetak maupun elektronik.

3. The Physical Functions of Art (Fungsi fisik benda)

Feldman menggagas bahwa karya seni merupakan salah satu pengaturan. Karya seni bisa berbentuk karya pribadi atau kelompok yang berbicara mengenai ruang, dimensi pemikiran dan konsep emosional.

Fungsi seni secara psikis menurutnya adalah tentang sisi dinamis seorang seniman dalam berkarya. Contohnya perabotan, bangunan, interior, dan benda yang dipakai lainnya.

Unsur Seni Rupa



Sumber : Kompas.com, Gramedia


BERITA LAINNYA



Close Ads x