Kompas TV olahraga sports

Sejarah! Timnas Bakset Putri Naik Kasta Usai Jadi Juara FIBA Women s Asia Cup 2023 Divisi B

Kompas.tv - 19 Agustus 2023, 21:15 WIB
sejarah-timnas-bakset-putri-naik-kasta-usai-jadi-juara-fiba-women-s-asia-cup-2023-divisi-b
Sejumlah pemain Timnas Basket Putri Indonesia berpelukan karena gembira. Indonesia mengukir sejarah, hari ini Sabtu malam (19/8/2023), usai memastikan naik kasta ke Divisi A setelah mengalahkan Iran. (Sumber: Dok PP Perbasi)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Basket Putri kembali mengukir sejarah, hari ini Sabtu malam (19/8), mereka memastikan naik kasta ke Divisi A setelah mengalahkan Iran dalam final FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B.

Henny dan kawan-kawan menaklukkan Iran dengan kedudukan 55-54 di Nimibutr Stadium Thailand.

Sukses menjadi juara, torehan ini sekaligus mengantarkan Timnas Putri dapat tiket promosi ke Divisi A. 

Bagi mereka, hasil ini adalah capaian spektakuler kedua tahun 2023. Sebelumnya mereka mengoleksi medali emas kali pertama SEA Games dari basket 5on5 putri saat bersaing di SEA Games 2023 Kamboja Mei lalu. 

Selain itu Timnas Putri mampu menjaga tradisi menang sejak SEA Games 2023. Sejak saat itu, mereka tak terkalahkan di 11 pertandingan. 

“Selamat untuk Timnas Putri. Juara di FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B dengan catatan tak terkalahkan dalam 11 pertandingan sejak SEA Games 2023 Kamboja. Ini sejarah bagi bolabasket Indonesia karena kali pertama masuk Divisi A. Kesuksesan ini kado untuk HUT RI ke-78,” terang Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi melalui rilis resmi yang diterima oleh Kompas.tv, Sabtu malam.

Sejarah yang diukir Timnas Putri di Nimibutr Stadium ini tidak mudah. Para pemain harus bekerja keras hingga kuarter terakhir untuk menjaga dominasi atas lawannya.

Baca Juga: FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B: Timnas Basket Putri Indonesia Bungkam Mongolia

Dalam pertandingan ini, Timnas Putri mengawalinya dengan kondisi tertinggal. Pada awal kuarter pertama, Henny Sutjiono dkk tertinggal 4 angka sebelum akhirnya Agustina Retong memperpendek jarak melalui tembakan tiga angka sehingga kedudukan 3-4.

Namun agresifitas permainan Iran membuat Timnas kembali tertinggal. Iran menutup kuarter perdana ini dengan keunggulan 12-16.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x