Kompas TV olahraga sports

Dibayangi Penolakan Israel, Ini Kronologi Lengkap Bali Jadi Tuan Rumah World Beach Games 2023

Kompas.tv - 6 April 2023, 11:42 WIB
dibayangi-penolakan-israel-ini-kronologi-lengkap-bali-jadi-tuan-rumah-world-beach-games-2023
World Beach Games 2023 Bali (Sumber: Dok. ANOC)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

BALI, KOMPAS.TV - Bali resmi ditunjuk menjadi tuan rumah World Beach Games 2023 yang kedua pada awal Juni 2022 lalu. Kini muncul penolakan terhadap kedatangan kontingen Israel yang bakal berlaga di turnamen bergengsi olahraga pantai itu. 

World Beach Games adalah event dunia untuk cabang olahraga yang dimainkan di pantai seperti voli pantai, sepak bola pantai, dan triatlon. Penyelenggaranya Komite Olimpiade Nasional atau Association of National Olympic Committees (ANOC).

Bali ditunjuk jadi tuan rumah kedua dalam sejarah olahraga ini. Edisi perdana ANOC World Beach Games dilaksanakan di Doha, Qatar, pada 2019 lalu dengan 97 tim. 

Waktu itu, Indonesia ikut dan berhasil bawa pulang satu medali perunggu melalui cabang olahraga (cabor) voli pantai 4x4.

Dilansir dari laman resmi ANOC, World Beach Games Bali 2023 bakal mempertandingkan 14 cabang olahraga dan akan diikuti oleh total 1.584 atlet. Dijadwalkan berlangsung pada 5-15 Agustus 2023 mendatang.

Kepastian Bali sebagai tuan rumah World Beach Games 2023 disampaikan oleh Ketua Interim ANOC, Robin Mitchell, pada Jumat (10/6/2022) silam.

Menurut Robin Mitchell, Bali punya pantai terindah di dunia dan cocok jadi penyelengara kedua dalam sejarah World Beach Games 2023.

"Kami dengan gembira mengumumkan Bali sebagai tuan rumah edisi kedua ANOC World Beach Games," kata Robin Mitchell dalam keterangan resminya, seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Koster Tolak Israel di World Beach Games Bali, Komite Olimpiade RI: Tidak Boleh Menolak Anggota

Kontingen Israel dan Penolakan Gubernur Bali 

Israel menjadi salah satu negara yang dipastikan bakal mengirimkan atletnya ke ANOC World Beach Games (AWBG) 2023. Dari sejumlah cabor, atlet-atlet Israel lolos sampai putaran final yang bakal digelar di Bali tersebut. 

Dari cabor Open Water Swimming nomor 5 km putri, atlet Israel yakni Eva Fabian sudah memastikan tempat di AWBG 2023 sejak Juli tahun lalu.

Eva lolos setelah menempati peringkat 17 pada ajang FINA World Championships 2022 yang digelar di Budapest, Hungaria, pada 17 Juni hingga 3 Juli tahun lalu.

Selain Eva Fabian dari cabor Open Water Swimming, tim basket 3x3 Israel juga lolos ke AWBG 2023.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com/ANOC


BERITA LAINNYA



Close Ads x