Kompas TV regional berita daerah

Pemasok Jagung Terbesar, Garut Lakukan Panen Raya Jagung

Kompas.tv - 3 Mei 2024, 15:50 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

GARUT, KOMPAS.TV - Garut tak hanya terkenal dengan dodol, domba dan jaket kulit saja, akan tetapi Kabupaten Garut pun merupakan salah satu pemasok jagung terbesar di Jawa Barat hingga mencapai enam puluh persen dibandingkan kabupaten dan kota lainnya. Setiap tahunnya, tak kurang dari lima ratus ribu ton jagung diproduksi dengan luas lahan mencapai sembilan ribu lima ratus hektar.

Kelompok tani jagung di Desa Pangereunan Kecamatan Limbangan memiliki alat pengering jagung atau vertical dryer yang dapat mengeringkan jagung dengan cepat dan dengan jumlah yang banyak serta mampu menjaga kualitas mulai dari tingkat kebersihan, efesiensi tenaga kerja, biaya lebih ringan juga meningkatkan produksi jagung, hingga ditargetkan bisa menambah seratus ribu ton pada tahun ini.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Haeruman mengatakan Kabupaten Garut merupakan sentra penyuplai jagung terbesar di Jawa Barat hingga 60 persen di banding wilayah lain, dimana wilayah sentra penghasil jagung terpusat di enam kecamatan di antaranya Kecamatan Limbangan, Cibatu, Cikelet, Pakenjeng, Caringin dan Banyuresmi dan luasnya tahun ini akan ditargetkan bertambah menjadi lima belas ribu hektar.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x