Kompas TV olahraga kompas sport

4 Pesepak Bola yang Pernah Mendapatkan Ancaman Pembunuhan

Kompas.tv - 22 April 2022, 03:15 WIB
4-pesepak-bola-yang-pernah-mendapatkan-ancaman-pembunuhan
Legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff. (Sumber: ANEFO/ROb Bogaerts)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagai olahraga paling populer di dunia, sepak bola tidak hanya menyajikan suka cita bagi para penggemarnya. 

Namun, tidak sedikit pula yang rela berbuat nekat seperti melakukan ancaman pembunuhan kepada para pesepak bola yang dinilai mengecewakan. 

Baru-baru ini, kapten Manchester United Harry Maguire mendapat perlakuan serupa. Rabu (20/4/2022) kemarin, Maguire melapor ke Kepolisian Chesire bahwa rumahnya akan diledakkan beberapa penggemar dengan bom. 

Alasannya disinyalir karena para pengancam tersebut kecewa dengan performa Harry Maguire di atas lapangan.

Namun tidak hanya Maguire saja yang pernah mengalaminya. Sejumlah pesepak bola juga pernah mendapatkan ancaman horor itu.

Baca Juga: Rumah Harry Maguire Jadi Sasaran Ancaman Bom

Berikut adalah daftar pesepak bola yang pernah mendapatkan ancaman pembunuhan.

1. Johan Cruyff 

Legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff pernah mendapatkan ancaman pembunuhan jelang gelaran Piala Dunia 1978. 

Jelang Piala Dunia 1978 yang berlangsung di Argentina tersebut, Cryuff secara misterus mengundurkan diri dari skuad Timnas Belanda. 

Publik sempat bingung dengan keputusan Cruyff. Pasalnya, empat tahun sebelumnya, Cryuff juga berkontribusi besar terhadap kelolosan Belanda ke final Piala Dunia 1974. 

Sebagian berspekulasi Cryuff enggan jauh-jauh dari keluarganya, lainnya menganggap Cryuff ogah ke Piala Dunia 1978 sebagai sikap protes terhadap diktator Argentina saat itu, Jenderal Jorge Videla. 

Selang beberapa tahun kemudian, Cruyff akhirnya buka suara. Dirinya mengaku bahwa beberapa bulan jelang Piala Dunia 1978, ada sejumlah orang tak dikenal yang masuk ke rumahnya tanpa izin. 

Mereka sempat menyekap Cruyff beserta anak-anak dan istrinya. Kedatangan orang-orang tak dikenal itu tidak lain adalah mengancam Cruyff untuk tidak ikut Piala Dunia 1978. Jika tidak menurut, mereka akan membunuh keluarga Cruyff. 

Baca Juga: Julian Nagelsmann Dapat Ancaman Pembunuhan usai Bayern Munich Tersingkir dari Liga Champions



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Hukum

KPK Geledah Kantor Setjen DPR

30 April 2024, 15:34 WIB

Close Ads x