Kompas TV nasional peristiwa

Prakiraan Cuaca: Potensi Hujan Lebat 25-26 Desember 2023 dan Tahun Baru 2024 di Wilayah Indonesia

Kompas.tv - 25 Desember 2023, 11:39 WIB
prakiraan-cuaca-potensi-hujan-lebat-25-26-desember-2023-dan-tahun-baru-2024-di-wilayah-indonesia
Foto arsip. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan cuaca untuk periode Natal 2023 dan tahun baru 2024. (Sumber: ANTARA/Wahyu Putro)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca untuk periode Natal 2023 dan tahun baru 2024.

BMKG memprakirakan hujan lebat disertai angin kencang akan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia pada 25-26 Desember 2023.

Namun, BMKG juga mengatakan sebagian wilayah lain di Indonesia berpotensi dilanda panas terik pada periode tersebut.

Menurut BMKG, potensi hujan lebat di Indonesia pada dasarian ketiga Desember 2023 terjadi karena sirkulasi angin di Laut China Selatan (LCS) yang masih menghambat aliran massa udara basah dari Asia ke wilayah Indonesia. 

Fenomena itu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah, yakni di sepanjang daerah konvergensi dan low level jet

Akibatnya, potensi hujan lebat masih terkonsentrasi di wilayah Sumatera dan Kalimantan Barat. 

Sirkulasi angin di LCS diidentifikasi sebagai bibit Siklon Tropis 18W yang bergerak ke arah barat menuju daratan Semenanjung Malaysia dan berpotensi rendah menjadi sistem siklon tropis. 

Baca Juga: Kata Ketum Golkar Airlangga Terkait Isu Jokowi dan Gibran Gabung ke Partainya

Daerah pertemuan angin (konfluensi) juga terpantau di Laut China Selatan, Laut Natuna, Laut Banda, dan Laut Arafuru. 

"Kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut," tulis BMKG. 

Kendati demikian, sirkulasi angin di LCS juga secara tidak langsung memberikan dampak terhadap kurangnya potensi pertumbuhan awan di wilayah selatan ekuator. 

Karena itu, beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jawa hingga Nusa Tenggara, berpotensi tidak diguyur hujan, meskipun sudah memasuki musim hujan. 

"Kondisi ini diperkuat juga dengan adanya fase kering fenomena MJO (Madden Jullian Oscillation) di sebagian wilayah Indonesia, sehingga turut memicu kurangnya tutupan awan pada siang hari, mengakibatkan pada siang hari kondisi suhu cukup panas dan terik dengan kisaran suhu dapat mencapai 35-37 derajat Celsius." tutur BMKG. 

Dikutip dari laporan Peringatan Cuaca Dini BMKG, berikut wilayah yang diprakirakan akan diguyur hujan dan hujan lebat selama 25-26 Desember 2023: 

Baca Juga: Anies Sebut Jawa Tengah Bukan Kandang Satu Partai, Ganjar: Dia akan Lihat Faktanya



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x