Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Meningkatkan Bakat Siswa Lewat Festival dan Lomba Kreasi

Kompas.tv - 30 April 2024, 10:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Selain pendidikan formal, untuk meningkatkan minat, bakat dan kreativitas siswa, sebuah sekolah di Kota Semarang menggelar festival dan lomba kreasi antar siswa se- Indonesia. Festival dan lomba kreasi ini digelar oleh Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar dengan tema membingkai kreasi meraih prestasi. Berbagai perlombaan diadakan sekaligus untuk meningkatkan bakat siswa di bidangnya masing- masing.

Sejumlah lomba yang diikuti siswa YPI Al Azhar se-Indonesia ini meliputi lomba MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur'an) putra – putri, lomba duo gitar, solo vokal, lomba tari kreasi, puisi, pantomim dan banyak lomba bakat lainnya.

Ketua Pembina Yayasan Al Himsya, Rita Ernawati, menegaskan festival dan lomba ini untuk memupuk bakat dan kemampuan serta keahlian lain yang dimiliki siswa yang selama ini mendapatkan bimbingan dari guru dan orang tua siswa. Keahlian siswa ini merupakan prestasi berharga untuk menunjang masa depan siswa .

“Anak-anak harus dibimbing dan dibina selalu. Mereka harus tahu visi misi kita untuk mengembangkan anak-anak menjadi anak yang cerdas dan berakhlak mulia,” tutur Rita Ernawati.

“Selalu mendukung kegiatan ini, harapannya adalah anak-anak mendapatkan ruang untuk berkreativitas. Seperti yang disampaikan oleh Pak Pj Gubernur di dalam komponen penguatan, ada empat kecakapan. Kemampuan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berkreativitas, kemampuan berkolaborasi, dan berkomunikasi. Keempat ini saya yakin akan terjalin dalam kegiatan ini,” ucap Siswanto, Kacabdin Wilayah 1 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.

Antusias siswa mengikuti berbagai perlombaan sangat tinggi. Mereka optimis dan percaya diri tampil untuk menjadi yang terbaik.

#lombakreasi #pelajarkotasemarang #yayasanpesantrenislamalazhar




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x