Kompas TV regional sulawesi

Gunung Ruang Meletus Lagi Pagi Ini, Warga Diimbau Waspada Awan Panas hingga Tsunami

Kompas.tv - 30 April 2024, 10:52 WIB
gunung-ruang-meletus-lagi-pagi-ini-warga-diimbau-waspada-awan-panas-hingga-tsunami
Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara meletus lagi pagi ini, (30/4/2024) pukul 08.35, masyarakat diimbau waspada tsunami (Sumber: PVMBG)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi kembali melaporkan Gunung Ruang yang berada di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara kembali meletus hari ini, Selasa (30/4/2024) pukul 08.35 WITA.

Menurut petugas pengamatan Julius Rampolii, tinggi kolom letusan teramat mencapai 5000 meter atau 5 km di atas puncak atau 5725 m di atas permukaan laut

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah timur dan selatan. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung," kata Julius Rampolii, dikutip dari laman magma.esdm.go.id.

Baca Juga: Gunung Ruang Erupsi Lagi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 2 Km, Status Naik jadi Level Awas

PVMBG mengeluarkan imbauan untuk warga di Pulau Tagulandang yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan dan tsunami akibat material erupsi yang masuk kelaut/runtuhnya tubuh gunungapi ke dalam laut.

Selain itu, masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisata juga diimbau untuk tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif.

"Masyarakat yang bermukim pada wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km," tulis PVMBG.

Bagi masyarakat di sekitar gunung juga dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

Baca Juga: Hendak Berwisata ke Pantai, Mobil Terguling ke Sawah

"Masyarakat di sekitar G. Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ruang," tutupnya.

Sebelumnya, PVMBG melaporkan Gunung Ruang juga sempat erupsi pada 30 April 2024 dini hari pukul 01.30 WITA. Akibatnya, menaikkan status Gunung Ruang dari sebelumnya siaga menjadi awas seiring dengan peningkatan aktivitas vulkanik dan kegempaan di gunung api tersebut.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x