Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini, Jokowi Lantik Ridwan Mansyur sebagai Hakim MK dan Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN

Kompas.tv - 8 Desember 2023, 07:53 WIB
hari-ini-jokowi-lantik-ridwan-mansyur-sebagai-hakim-mk-dan-marthinus-hukom-sebagai-kepala-bnn
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Ridwan Mansyur sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dan Irjen Pol Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Ridwan Mansyur sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dan Irjen Pol Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Jumat (8/12/2023).

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana yang menyatakan Ridwan dan Marthinus akan melakukan pengucapan sumpah di hadapan Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Pemerintah Surati DPR, Minta Revisi UU MK Tak Disahkan

“Hari ini, pukul 10.45 WIB, dijadwalkan pengucapan sumpah di hadapan Presiden, Dr. Ridwan Mansyur, S.H., M.H sebagai Hakim MK RI, dan pelantikan Irjen Pol. Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN,” kata Ari kepada Kompas.tv, Jumat.

Ridwan dilantik sebagai hakim MK untuk menggantikan Manahan MP Sitompul yang purna tugas karena memasuki masa pensiun pada Desember 2023.

Ia lolos pada seleksi hakim konstitusi dari unsur yudikatif, sesuai dengan surat pengumuman hasil seleksi calon hakim konstitusi di Mahkamah Agung (MA).

Ridwan mengawali kariernya sebagai calon hakim di Pengadilan Negeri Bekasi pada 1986. Ia menjabat sebagai hakim di Pengadilan Negeri Muara Enim pada 1989.

Kemudian, ia juga pernah menjadi hakim di Pengadilan Negeri Cibinong pada 1998, hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 2002-2006. Hingga pada 2021, ia menjadi panitera Mahkamah Agung RI.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Irjen Marthinus Hukom jadi Kepala BNN Gantikan Petrus Golose

Sementara Marthinus merupakan perwira tinggi Polri yang merupakan alumni Akademi Kepolisian pada 1991. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus 88 Anti Teror Polri.

Marthinus juga pernah tergabung dalam kelompok ahli BNN di bidang intelijen pada 2010-2012.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x