Kompas TV nasional hukum

Pakar: Penetapan Tersangka Kasus Pemerasan SYL Lambat, Kapolda Metro Khawatir Dikira Balas Dendam

Kompas.tv - 16 November 2023, 09:00 WIB
pakar-penetapan-tersangka-kasus-pemerasan-syl-lambat-kapolda-metro-khawatir-dikira-balas-dendam
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto didamping jajarannya saat memberikan keterangannya mengenai penanganan kasus KDRT viral di Mapolrestro Depok, Kamis (25/5/2023). (Sumber: KOMPAS.com/M Chaerul Halim)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar, menilai Polda Metro Jaya lambat dalam menetapkan tersangka kasus dugaan pemerasan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Menurut dia, lambannya penetapan tersangka dalam kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK tersebut karena ada persoalan psikologis yang dialami Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto.

"Ada persoalan psikoligis di Kapolda (Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Karyoto), " kata Fickar dikutip dari Kompas.com, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga: KPK Undang Polda Metro Jaya dan Mabes Polri Koordinasi Penanganan Kasus Dugaan Firli Peras SYL

Padahal, kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK tersebut telah naik ke tahap penyidikan sejak Jumat (6/10/2023). 

Fickar menjelaskan, maksud dari adanya persoalan psikologis yang dialami Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto yakni ia khawatir dituding balas dendam dengan menetapkan Ketua KPK Firli Bahuri sebagai tersangka.

Namun demikian, lanjut Fickar, seharusnya Kapolda Metro Jaya tidak ragu menetapkan tersangka kasus dugaan pemerasan tersebut, sepanjang menemukan dua alat bukti yang cukup. 

"Khawatir dikira balas dendam. Mestinya jangan ragu sepanjang ada dua alat bukti yang cukup, (itu) sudah bisa (tetapkan tersangka)," ucap Fickar.

Fickar meyakini bahwa status Firli saat ini sudah mendekati tersangka. Seharusnya, kata dia, Firli Bahuri sudah bisa dijemput paksa oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Ketika Firli Sindir Irjen Karyoto, Sebut Abaikan Laporan Kasus Korupsi Pengadaan Sapi di Kementan



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x