Kompas TV nasional peristiwa

Dokter Ungkap Kondisi David Ozora usai Diperbolehkan Pulang dari RS Mayapada

Kompas.tv - 16 April 2023, 15:38 WIB
dokter-ungkap-kondisi-david-ozora-usai-diperbolehkan-pulang-dari-rs-mayapada
Dokter Spesialis Saraf RS Mayapada, dr. Yeremia Tatang menjelaskan kondisi Cristalino David Ozora (17), korban penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo, selama dirawat di rumah sakit, dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (16/4/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Korban penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy Satriyo (20), Cristalino David Ozora (17), diizinkan pulang dari rumah sakit dan melanjutkan perawatan di rumah.

Dokter spesialis saraf RS Mayapada, Yeremia Tatang, mengungkapkan David masih memerlukan perawatan yang cukup lama akibat trauma yang dia alami.

"Masih membutuhkan treatment yang cukup panjang. Dari sisi kognisi atau pikirannya masih membutuhkan latihan dan membutuhkan pemulihan. Motorik halusnya belum sepenuhnya membaik," jelas Tatang dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (16/4/2023).

Baca Juga: David Ozora akan Pulang dari Rumah Sakit Hari Ini, Keluarga Ungkap Kondisinya

Tatang menjelaskan David mengalami koma dan infeksi serius akibat luka yang dideritanya setibanya di RS Mayapada. Kondisi ini belum membaik hingga minggu ketiga.

Namun, kondisi David mulai menunjukkan perubahan usai mendapatkan penanganan dari tim medis. Kondisinya berangsur membaik usai minggu ketiga.

Pemulihan David mulai terlihat sejak minggu keempat, dengan kemampuan motorik dan kesadaran yang mulai membaik, serta respons terhadap lingkungan dan perintah.

Baca Juga: Terus Tunjukkan Perkembangan, David Ozora Sudah Bisa Bicara

"Sebulan fase penting kita pantau ketat. Enggak cuma terapi fisik, tapi juga nutrisi paru, organ dalam. Dipantau selama sebulan," ucap Tatang.

David telah mampu makan, minum, dan melakukan aktivitas sehari-hari seperti menggunakan handphone.

Namun, untuk pemulihan kondisi kognitif dan motorik, David masih memerlukan perawatan jangka panjang agar dapat pulih seperti sebelumnya.

Baca Juga: AG Divonis 3 Tahun 6 Bulan Penjara, Keluarga David: Secara Subjektif, Kami Rasa Tidak Adil...



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x