Kompas TV nasional kriminal

Nama Prabowo Subianto Disebut Dalam Sidang Suap Ekspor Benur

Kompas.tv - 29 April 2021, 01:35 WIB
nama-prabowo-subianto-disebut-dalam-sidang-suap-ekspor-benur
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut terkait kasus suap ekspor benih lobster yang menjerat Edhy Prabowo. (Sumber: HARIAN KOMPAS/ WAWAN H PRABOWO)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto muncul dalam sidang suap izin ekspor benih lobster atau benur di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Rabu (28/4/2021).

Hal ini terlontar dari mulut Manajer Ekspor Impor PT Dua Putra Perkasa Pratama (DPPP) Ardi Wijaya yang bertindak sebagai saksi.

Ardi mengaku pernah mendengar nama Prabowo terkait dengan PT Aero Citra Kargo (ACK).

Baca Juga: MAKI Sebut KPK Harusnya Gunakan Pasal 12 untuk Jerat Edhy Prabowo Hukuman 20 Tahun Penjara

PT ACK adalah sebuah perusahaan pengiriman kargo yang mendapat penunjukan khusus untuk ekspor benih bening lobster (BBL).

Hal ini terungkap saat jaksa penuntut umum (JPU) KPK Ronald Worotikan menanyakan soal ucapan terdakwa Suharjito.

Suharjito adalah pemilik dan Direktur PT Dua Putra Perkasa (DPP) yang memberi suap pada mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

“Ekspor 1 juta sampai 5 juta ekor per bulan asalnya, menurut Suharjito adalah Rp 1.500,00 x 5 juta ekor. Kemudian uang itu biasanya cash-cashan dari pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan. Hal ini saya dapat dari omongan grup Perduli (Persatuan Dunia Lobster Indonesia), maksudnya khusus Prabowo itu siapa?” tanya jaksa Ronald.

“Kalau yang saya tangkap, beliau pasti mengaitkan itu dengan Pak Prabowo, Menteri Pertahanan, ya, setahu saya, Pak Prabowo Subianto,” kata Ardi.

Baca Juga: KRI Nanggala 402 Tenggelam, Jokowi Didesak Evaluasi Anggaran Kementerian Prabowo yang Terus Naik



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x