Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Tanaman Herbal Ini Bisa Redakan Sakit Kepala, Ada Apa Saja?

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 07:05 WIB
7-tanaman-herbal-ini-bisa-redakan-sakit-kepala-ada-apa-saja
Ilustrasi. Sakit kepala bisa disembuhkan dengan menggunakan 7 tanaman herbal (Sumber: Benzoix on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Beberapa jenis tanaman memiliki sifat-sifat tertentu yang dapat membantu meredakan sakit kepala.

Bahkan, penggunaan tanaman herbal untuk pengobatan sakit kepala dan berbagai kondisi kesehatan telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa jenis tanaman memiliki sifat-sifat tertentu yang dapat membantu meredakan sakit kepala.

Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit kepala, seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Jahe

Rempah jahe, yang umum digunakan dalam pengobatan tradisional China, Arab, dan India, terbukti mampu meredakan sakit kepala.

Menurut Healthline, jahe tidak hanya efektif untuk mengatasi sakit kepala, tetapi juga bermanfaat untuk mengatasi masalah seperti sakit perut, mual, radang sendi, gejala flu, dan masalah neurologis.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Phytotherapy Research pada tahun 2014 menunjukkan bahwa manfaat dari bubuk jahe sebanding dengan sumatriptan, obat migrain yang sering diresepkan.

Rempah tradisional ini mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan akibat sakit kepala.

Baca Juga: Boleh Dicoba, 6 Tanaman Herbal Ini Disebut Ampuh Redakan Vertigo

2. Daun Sirih

Mengutip dari Kontan, ramuan yang berasal dari daun sirih dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala. Daun sirih pada dasarnya memiliki efek pendingin yang dapat membantu meredakan ketidaknyamanan akibat sakit kepala.

Penggunaannya cukup sederhana, yaitu dengan meremukkan beberapa lembar daun sirih dan menempelkannya di atas kening. Diamkan beberapa saat, hingga sakit kepala mereda.

3. Biji Ketumbar

Sistem pengobatan Ayurveda tradisional, telah lama menggunakan biji ketumbar untuk meredakan sakit kepala. Potensi sifat anti-inflamasi dari biji ketumbar terbukti bermanfaat bagi beberapa orang yang mengalami migrain.



Sumber : Kompas TV, Berbagai Sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x