Kompas TV lifestyle kesehatan

Boleh Dicoba, 6 Tanaman Herbal Ini Disebut Ampuh Redakan Vertigo

Kompas.tv - 11 Januari 2024, 15:05 WIB
boleh-dicoba-6-tanaman-herbal-ini-disebut-ampuh-redakan-vertigo
Foto ilustrasi kunyit.  (Sumber: Pixabay)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vertigo adalah kondisi yang menyebabkan penderitanya mengalami pusing hingga merasa dirinya atau sekelilingnya berputar. Penyebab utama terjadinya vertigo adalah gangguan keseimbangan.

Kondisi vertigo bukanlah penyakit, namun menjadi gejala penyakit lebih serius seperti cedera, stroke hingga penyakit meniere. Meski vertigo dalam sebagian besar kasus membaik dengan sendirinya, kondisi ini juga bisa diatasi dengan baik memakai sejumlah pengobatan alami, termasuk ramuan dari tanaman herbal.

Dikutip dari laman Medical News Today, berikut tanaman herbal yang dapat meredakan vertigo.

Baca Juga: Mengaku Sering Pusing, Putri Sebut Pernah Cedera Tulang Punggung, Riwayat Gerd Hingga Vertigo

1. Kunyit

Kunyit dipercaya sebagai obat tradisonal berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah vertigo. Bumbu dapur ini mengandung antioksidan tinggi dan anti-inflamasi.

Kandungan kunyit disebut mampu membantu mengurangi peradangan di telinga bagian dalam dan meringankan gejala vertigo.

2. Jahe

Jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan alami yang dipakai untuk mengobati berbagai penyakit, seperti vertigo. Jahe dipercaya dapat mengurangi peradangan di bagian dalam yang bisa memicu vertigo.

3. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba merupakan ramuan China yang bisa membantu meredakan gejala vertigo. Menurut para ahli, obat ini bisa meningkatkan aliran darah ke otak.

Ekstrak ginkgo biloba bekerja lebih baik ketimbang plasebo dan efektivitasnya serupa dengan betahistine, obat histamin.

4. Ashwagandha

Ashwagandha merupakan ramuan adaptogenik yang umum digunakan dalam perawatan Ayurveda saat menghadapi stres dan kecemasan. Ashwagandha memiliki kemampuan untuk mengatur respons stres tubuh, yang menjadi salah satu faktor buruknya gejala vertigo.

5. Biji tengguli

Tengguli (Cassia fistula) termasuk ke dalam jenis rempah bunga yang tumbuh di Indonesia, China, India, Jepang, dan Filipina. Menariknya, biji dari tengguli telah lama digunakan sebagai obat herbal China untuk mengobati berbagai penyakit, seperti vertigo, herpes, konstipasi, gangguan pendengaran, dan kulit.

Berdasarkan studi yang dimuat dalam jurnal Molecules, obat herbal vertigo ini juga bermanfaat sebagai anti radang, antidiabetes, dan antiplatelet.

Baca Juga: Pernah Alami Vertigo? Ternyata Penyebabnya karena Ada Masalah Ini di Telinga

6. Biji jintan

Jintan merupakan obat tradisional yang telah lama digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, seperti asma, hipertensi, diabetes, dan bronkitis. Tak hanya itu, obat tradisional ini juga dapat meredakan gejala vertigo, seperti sakit kepala dan pusing.


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x