Kompas TV lifestyle tren

Contoh Teks Sambutan Hari Sumpah Pemuda 2023, Bisa Dijadikan Amanat Upacara

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 19:00 WIB
contoh-teks-sambutan-hari-sumpah-pemuda-2023-bisa-dijadikan-amanat-upacara
Ilustrasi upacara Hari Sumpah Pemuda. Contoh sambutan Hari Sumpah Pemuda 2023 (Sumber: Pemprov Kaltim/kaltimprov.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Sumpah Pemuda 2023 umumnya diperingati dengan upacara bendera, lomba dan lainnya. Berikut contoh sambutan yang bisa dibaca.

Sebagai informasi, Hari Sumpah Pemuda 2023 diperingati besok, Sabtu (28/10/2023).

Sambutan Hari Sumpah Pemuda 2023 ini berisi tentang makna peringatan dan bagaimana cara mengimplementasikan Sumpah Pemuda di zaman sekarang.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 ini mengambil tema "Bersama Majukan Indonesia".

Tujuan memperingati Hari Sumpah Pemuda adalah untuk meningkatkan semangat pemuda dalam mengimplementasikan nilai-nilai Sumpah Pemuda, Undang-Undang Kepemudaan dan Perpres No. 43 Tahun 2022 2.

Selain itu, juga untuk menumbuhkembangkan pemuda menjadi pribadi berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing.

Baca Juga: Contoh Teks Pidato Hari Sumpah Pemuda 2023 Terbaru untuk Peringatan di Sekolah

Berikut contoh sambutan Hari Sumpah Pemuda 2023 untuk upacara atau acara lainnya.

1. Contoh Sambutan Hari Sumpah Pemuda 2023

Di bawah ini merupakan contoh sambutan Hari Sumpah Pemuda 2023 terbaru dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) melalui laman kemenpora.go.id.

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Shalom, Om Swastiastu, Namo Budaya, Salam Kebajikan, Salam Sejahtera bagi kita semua

Salam Pemuda Saudara-saudara sekalian yang Saya hormati

Segala puji kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas Rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini 28 Oktober 2023 kita bersama memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023.

Kita ketahui bersama bahwa setiap tanggal 28 Oktober kita selalu merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP). Momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna - warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya.

Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia. Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemudapemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama.

Baca Juga: Panduan Pelaksanaan Upacara Sumpah Pemuda 2023: Jadwal, Susunan Acara, Lagu, hingga Peserta

Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemudapemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional. Dokumen ini telah ditandatangani secara elektronik yang diterbitkan oleh Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), BSSN Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya.

Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur. Di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x