Kompas TV lifestyle kuliner

Wuih, Ayam Goreng dan Ayam Penyet Indonesia Masuk Jadi Hidangan Terenak di Dunia

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 21:10 WIB
wuih-ayam-goreng-dan-ayam-penyet-indonesia-masuk-jadi-hidangan-terenak-di-dunia
Salah satu olahan ayam goreng asal Indonesia, ayam penyet menduduki peringkat di olahan ayam terenak di dunia. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - TasteAtlas, situs yang berfokus dalam ensiklopedia rasa, sebuah atlas dunia dari hidangan tradisional, bahan-bahan lokal, dan restoran-authentik telah merilis daftar olahan ayam di seluruh dunia.

Dalam 10 hidangan olahan ayam ada hidangan ayam goreng asli Indonesia yang menduduki peringkat pertama, dan juga ada beberapa hidangan lain seperti ayam penyet.

Mari simak lebih lanjut panduan lengkap tentang 10 hidangan ayam goreng terenak menurut versi Taste Atlas.

Baca Juga: Resep Nasi Kuning, Makanan Khas Indonesia yang Sering Disajikan saat Perayaan 17 Agustus

10 Hidangan Ayam Terenak versi Taste Atlas

Berikut adalah deskripsi yang diberikan TasteAtlas untuk menggambarkan bagaimana olahan ayam-ayam ini begitu bisa dinikmati banyak kalangan.

Ayam Goreng, Indonesia

Indonesia memiliki Ayam Goreng, sebuah karya masterpiece dengan citarasa yang kaya rempah-rempah, di mana potongan ayam, biasanya paha atau dada, direbus dan dibumbui sebelum digoreng hingga berwarna kecokelatan yang menggugah selera.

Perpaduan rempah-rempah tradisional seperti serai, lengkuas, kunyit, dan asam jawa memberikan sentuhan khas pada hidangan ini. Sering disajikan sebagai hidangan utama dalam jamuan makan di Indonesia, ayam goreng ini cocok dihidangkan bersama nasi harum dan sayuran segar.

Baca Juga: Cara Buat Es Timun Selasih, Resep Minuman Penurun Tekanan Darah yang Cocok jadi Teman Gulai dan Sate

Taiwanese Popcorn Chicken

Taiwanese popcorn chicken, sebuah hidangan klasik dari Taiwan, memiliki potongan-potongan ayam seukuran gigitan yang direndam dalam campuran kecap, bawang putih, jahe, anggur beras, dan rempah-rempah harum lainnya.

Potongan ayam yang menggiurkan itu kemudian dilapisi dengan tepung kentang atau jagung dan digoreng hingga menjadi renyah sempurna.

Biasanya disajikan dengan paha ayam tanpa tulang yang ditaburi garam, merica, atau dengan variasi modern seperti bubuk rumput laut atau mustard, hidangan ini selalu berhasil menyenangkan selera.

Ayam Goreng, Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, khususnya di wilayah Selatan, ayam goreng menduduki posisi teratas sebagai ikon kuliner yang paling dicintai.

Terkenal dengan daging ayam yang lembap dan segar, dilapisi dengan kerak cokelat keemasan yang renyah.

Bumbu khasnya meliputi garam, merica, dan cabai pedas, sehingga potongan daging bisa dinikmati dengan tangan untuk sensasi renyah yang tak tertandingi.

Baca Juga: Resep Mengolah Daging Sapi Kurban Iduladha dengan Bumbu Grill ala Korea



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x