Kompas TV ekonomi loker

Pendaftaran Seleksi CASN Dibuka Setelah Verifikasi dan Validasi Formasi ASN Selesai

Kompas.tv - 2 Mei 2024, 07:00 WIB
pendaftaran-seleksi-casn-dibuka-setelah-verifikasi-dan-validasi-formasi-asn-selesai
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan, pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan dibuka setelah verifikasi dan validasi rincian formasi ASN selesai. (Sumber: Menpan.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan, pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan dibuka setelah verifikasi dan validasi rincian formasi ASN selesai. 

Anas menjelaskan, pihaknya telah menetapkan formasi untuk rekrutmen calon aparatur sipil negara (ASN) tahun 2024. Yaitu sebesar 1,28 juta formasi yang telah ditetapkan sebagai tahap awal untuk pemenuhan total kebutuhan 2,3 juta ASN. 

Saat ini, pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang melakukan verifikasi dan validasi rincian formasi ASN yang sudah ditetapkan berdasarkan usulan dari seluruh instansi pusat dan daerah.

"Pendaftaran (CASN) bisa dimulai segera setelah proses validasi selesai berdasarkan hasil pengisian/input rincian formasi dari masing-masing kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (pemda)," kata Anas saat memimpin rapat tematik mengenai rekrutmen CASN di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (30/04). 

Baca Juga: MenPANRB Temui Mensesneg, Bahas Tunjangan Pionir untuk ASN di IKN hingga Seleksi ASN

Ia menyampaikan, pihaknya dan BKN sudah melakukan percepatan pada proses verifikasi dan validasi formasi ASN dari input yang dilakukan K/L dan Pemda. 

"Kami harap K/L dan Pemda yang belum merampungkan input di sistem BKN untuk segera menyelesaikan agar pendaftaran CASN segera dibuka karena sudah ditunggu-tunggu publik,” ujar Anas.

Adapun formasi CASN yang dibuka di tagap 1 ini ada sebanyak 1,28 juta formasi. Terdiri atas 75 kementerian dan lembaga sebanyak 427.850, serta 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174. 

ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yaitu CPNS yang bisa dilamar oleh fresh graduate; serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks Tenaga Honorer Kategori (THK) II yang telah masuk basis data (database) BKN.

Baca Juga: Rekrutmen CPNS 2024 Dibuka Mei, Ini Cara Daftarnya di SSCASN BKN




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x