Kompas TV internasional kompas dunia

Banjir Menyapu Uni Emirat Arab Usai Hujan Satu Setengah Tahun Jatuh Hanya Dalam Waktu Satu Hari

Kompas.tv - 17 April 2024, 18:56 WIB
banjir-menyapu-uni-emirat-arab-usai-hujan-satu-setengah-tahun-jatuh-hanya-dalam-waktu-satu-hari
Kendaraan terbengkalai terendam banjir yang menutupi jalan utama di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu, 17 April 2024. Badai hujan dan petir hebat melanda Uni Emirat Arab pada hari Selasa, menyebabkan hujan selama satu setengah tahun jatuh hanya dalam satu hari di Uni Emirat Arab  (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

DUBAI, KOMPAS.TV - Negara padang pasir Uni Emirat Arab berusaha mengeringkan diri pada Rabu, 17 April 2024, setelah badai hujan dan petir hebat melanda Uni Emirat Arab pada hari Selasa, 16/4/2024, menyebabkan banjir termasuk di Bandara Internasional Dubai, mengganggu perjalanan melalui bandara tersibuk di dunia untuk penerbangan internasional.

Hujan lebat itu disebut sebagai "peristiwa cuaca bersejarah" yang terjadi hari Selasa dan dijelaskan sebagai kejadian "yang melampaui segala sesuatu yang terdokumentasi sejak awal pengumpulan data pada tahun 1949." Hal itu terjadi sebelum penemuan minyak mentah di negara kaya energi ini yang saat itu merupakan bagian dari protektorat Inggris yang dikenal sebagai Trucial States.

Hujan juga turun di Bahrain, Oman, Qatar, dan Arab Saudi. Namun, hujan terjadi dengan hebat di seluruh Uni Emirat Arab. Salah satu alasan diduga adalah "penyemaian awan," di mana pesawat kecil yang dioperasikan oleh pemerintah melewati awan dengan membakar garam khusus yang membentuk dan membangun awan hujan.

Beberapa laporan mengutip para meteorolog di Pusat Nasional untuk Meteorologi yang mengatakan mereka melakukan enam atau tujuh penerbangan penyemaian awan sebelum hujan.

Pusat tersebut tidak segera menanggapi pertanyaan pada hari Rabu, meskipun data pelacakan penerbangan yang dianalisis oleh Associated Press menunjukkan satu pesawat yang terafiliasi dengan upaya penyemaian awan UAE terbang di sekitar negara itu pada hari Minggu.

Uni Emirat Arab, yang sangat bergantung pada pembangkit desalinasi yang menghabiskan energi untuk menyediakan air, melakukan penyemaian awan sebagian untuk meningkatkan cadangan air tanah yang terbatas dan menipis.

Hujan mulai turun pada Senin malam, merendam pasir dan jalan-jalan Dubai, semakin intens sekitar pukul 9 pagi waktu setempat pada hari Selasa dan terus berlanjut sepanjang hari, membanjiri kota yang sudah kewalahan dengan hujan dan hujan es.

Hingga akhir Selasa, lebih dari 142 milimeter hujan telah merendam Dubai dalam waktu 24 jam. Selama ini rata-rata hujan setahun adalah 94,7 milimeter hujan di Bandara Internasional Dubai, sebuah pusat bagi maskapai penerbangan jarak jauh Emirates.

Baca Juga: Uni Emirat Arab Kirim 5 Pembuat Roti Otomatis ke Gaza, Masing-Masing Mampu Bikin 17.500 Roti per Jam

Kendaraan melewati hujan lebat di jalan raya Sheikh Zayed Road di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa, 16 April 2024. Badai hujan dan petir hebat melanda Uni Emirat Arab pada hari Selasa, menyebabkan hujan selama satu setengah tahun jatuh hanya dalam satu hari di Uni Emirat Arab. (Sumber: AP Photo)

Di bandara, air yang menggenang mencapai taxiway saat pesawat mendarat. Kedatangan dihentikan pada malam hari Selasa, dan penumpang kesulitan mencapai terminal melalui banjir yang menutupi jalan-jalan di sekitarnya.

Sebuah pasangan, yang berbicara dengan AP dengan syarat anonimitas menyebut situasi di bandara sebagai "kerusakan total." "Kamu tidak bisa mendapatkan taksi. Ada orang yang tidur di stasiun Metro. Ada orang yang tidur di bandara," kata pria itu pada hari Rabu.

Mereka akhirnya mendapatkan taksi menuju dekat rumah mereka sekitar 30 kilometer jauhnya, tetapi air banjir di jalan menghentikan mereka. Seorang penonton membantu mereka melewati pembatas jalan raya dengan barang bawaan mereka, botol gin yang mereka ambil dari bebas bea berdenting-denting.

Bandara Internasional Dubai mengakui pada Rabu pagi bahwa banjir telah menghasilkan "pilihan transportasi terbatas" dan mempengaruhi penerbangan karena awak pesawat tidak bisa mencapai lapangan terbang.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x